Breaking News:

WISATA ANAMBAS

Wisata Religi Makam Keramat Siantan Anambas, Tujuan Ziarah Warga Malaysia

Makam Keramat Siantan Anambas di Desa Teluk Siantan menjadi satu di antara destinasi wisata religi yang ada di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

TribunBatam.id/Dokumentasi Pemkab Anambas
Potret makam Keramat Siantan, Dusun Air Nangak, Desa Teluk Siantan, Kabupaten Anambas, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dikunjungi oleh sejumlah pejabat beberapa waktu lalu, Jumat (15/7/2022). Lokasi ini menjadi satu di antara banyak wisata religi di daerah terdepan Indonesia ini. 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Wisata di Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) tak hanya tentang keindahan pulau saja.

Daerah terdepan di Kepri ini punya wisata religi yang memikat warga negeri jiran Malaysia berkunjung rutin ke sana.

Wisata religi di Anambas itu bernama Makam Keramat Siantan di Dusun Air Nangak, Desa Teluk Siantan.

Destinasi wisata yang satu ini kerap menjadi kunjungan wajib bagi setiap pendatang yang berlibur atau menetap sementara di Anambas.

Sebabnya, bagi masyarakat di sana, destinasi ini dianggap sebagai ikonik yang dipercaya apabila belum mampir ke makam Keramat Siantan sama artinya belum menginjakkan kaki di Anambas.

Sebagian masyarakat di sana juga masih mempercayai adanya aura mistis yang menyelimuti makam Keramat Siantan.

Baca juga: Banyak Spot Instagramable, Ini 9 Alasan Wisata Pantai Tanjung Siambang Wajib Dikunjungi

Makam Keramat Siantan yang ada di Desa Teluk Siantan, Kecamatan Siantan Tengah, Anambas. Lokasi ini menjadi salah satu destinasi wisata religi di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).
Makam Keramat Siantan yang ada di Desa Teluk Siantan, Kecamatan Siantan Tengah, Anambas. Lokasi ini menjadi salah satu destinasi wisata religi di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). (Tribun Batam/Dokumentasi Pemkab Anambas)

Tak pelak, setiap menjelang puasa dan perayaan hari Idul Ftri ataupun Idul Adha masyarakat atau wisatawan domestik akan menyempatkan diri ke sana untuk berziarah.

Makam yang dikelilingi rerimbunan pepohonan bakau itu juga terdapat tempat khusus untuk berdoa, itu membuat suasana ziarah menjadi lebih tenang dan khusyuk bagi peziarah.

Kepala Desa Teluk Siantan, Ismaya Lokadi mengatakan, keberadaan makam Keramat Siantan sudah ada sejak dahulu sebelum pulau itu dihuni oleh masyarakat Dusun Air Nangak.

Terdapat lima jumlah makam yang bersemayam di kawasan rerimbunan bakau dan rawa tersebut.

Namun, ia juga tak mengetahui secara persis usia dan siapa penghuni yang ada di dalam makam tersebut.

Pasalnya dari hikayat sejarah yang berkembang di masyarakat, keberadan makam itu memiliki cerita ragam versi sehingga tidak ada catatan peninggalan yang pasti.

"Sejarahnya banyak versi. Hanya yang paling banyak disebut-sebut masyarakat adalah makam Opu Daeng Relaka tokoh bugis. Kita sebagai masyarakat asli Air Nangak juga tidak mengetahui secara persis silsilahnya," kata Ismaya, Jumat (15/7/2022) di Tarempa.

Meski begitu, beberapa versi lainnya yang berkembang memperkirakan di antara sejumlah penghuni makam di sana juga terdapat penghuni bangsa Melayu dari Johor, Malaysia.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved