Breaking News:

BATAM TERKINI

KISRUH Tiket Ferry Batam ke Singapura, KPPU Sebut Ada Indikasi Kartel

KPPU Wilayah I Medan membahas kisruh harga tiket Batam ke Singapura yang diduga ada indikasi kartel. Para operator kapal diduga membuat kesepakatan.

Penulis: Aminudin | Editor: Tri Indaryani
TRIBUNBATAM.id/AMINUDDIN
Suasana konter penjualan tiket kapal ferry internasional di Pelabuhan Batam Center, Selasa (12/7/2022). Kenaikan harga tiket ferry dari Batam ke Singapura PP yang dilakukan sepihak oleh operator kapal menjadi perhatian Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) Wilayah I Medan. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Kenaikan harga tiket ferry dari Batam ke Singapura PP yang dilakukan sepihak oleh operator kapal menjadi perhatian Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) Wilayah I Medan.

Untuk mencari solusi permasalahan yang dikeluhkan banyak pihak tersebut, KPPU dan Komisi II DPRD Kepri menggelar rapat untuk membahas kenaikan harga tiket tersebut.

Seperti diketahui, harga tiket kapal ferry internasional Batam-Singapura dinaikkan sepihak oleh operator kapal atau ferry Batam-Singapura.

Awalnya, mereka menetapkan harga tiket Rp 500 ribu sekali jalan dan Rp 800 ribu pulang pergi.

Namun, setelah Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengkritik kebijakan ini, para operator kapal menurunkan pada 21 Juni 2022.

Baca juga: BATAM Masuk 10 Kota Terbaik Standar Pelayanan Minimal di Indonesia

Operator ferry serentak menurunkan harga tiket sebesar Rp 100 ribu sehingga tiket dari Batam ke Singapura menjadi Rp 400 ribu sekali jalan, dan Rp 700 ribu pulang pergi.

Kesepakatan menaikkan dan menurunkan harga tiket oleh operator kapal ini dianggap anomali.

Apalagi, seluruh operator menerapkan harga sama.

Ketua KPPU Kantor Wilayah I Sumatera yang berkedudukan di Medan, Ridho Pamungkas, dalam dengar pendapat dengan Komisi II DPRD Kepri di Gedung Graha Kepri, Senin (18/7/2022) siang mengatakan, pihaknya tengah mendalami laporan masyarakat tersebut.

"Kalau dari informasi yang kami terima memang kami menduga ada kesepakatan. Karena harga tiketnya sama sementara kita tahu biaya masing-masing pelaku usaha pasti akan berbeda-beda," ucap Ridho saat ditemui usai pertemuan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved