Breaking News:

BATAM TERKINI

Kanwil DJP Kepri Ungkap Kapan Peralihan NIK pada KTP-el Gantikan NPWP

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Provinsi Kepulauan Riau atau Kakanwil DJP Kepri mengungkap kapan peralihan NIK sebagai pengganti NPWP.

TribunBatam.id/Dokumentasi Kanwil DJP Kepri
Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Kepri, Cucu Supriatna mengungkap kapan peralihan Nomor Induk Kependudukan (NIK) menggantikan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Penerapan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) bakal berlaku setelah tahun 2023.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Provinsi Kepulauan Riau (Kakanwil DJP Kepri), Cucu Supriatna, menjelaskan jika pihaknya masih menunggu arahan pusat untuk mempersiapkan pemberlakuan kebijakan baru tersebut.

Format peralihan NIK sebagai NPWP ini dipertegas dengan terbitnya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 112/PMK.03/2022.

Kendati masa berlaku efektif masih lama, format baru sudah bisa digunakan secara terbatas, yakni untuk masuk ke aplikasi pajak.go.id.

"Aplikasinya ada dan sudah bisa dimanfaatkan pakai NIK. Tetapi bagi yang sudah punya NPWP, itu masih bisa dipakai sampai tahun 2023," ujar Cucu.

Baca juga: Kabar Gembira, 19 Juta Wajib Pajak Indonesia Kini Bisa Pakai NIK Sebagai NPWP

Baca juga: Cara Menonaktifkan NPWP secara Online Tanpa Harus ke Kantor Pajak

Menurutnya, jumlah wajib pajak yang telah melakukan peralihan dari seluruh Indonesia baru sekitar 90 ribu wajib pajak.

Apabila sampai akhir 2023 masih ada wajib pajak yang belum mengaktivasi NIK-nya pada masa peralihan, maka pihak DJP akan mengirimkan surat-surat konfirmasi melalui email masing-masing wajib pajak.

"Kami akan mengirim surat untuk mengonfirmasi apakah data yang diinput masih sama, contohnya seperti alamat rumah, nomor telepon, pekerjaan, dan lain-lain," jelas Cucu.

Wajib pajak yang menerima email dari DJP tersebut dapat langsung mengonfirmasi apabila informasi data pribadi sudah tepat, dan jika tidak, dapat langsung melakukan perubahan.

Kanwil DJP Kepri menilai, peralihan penggunaan NIK sebagai pengganti NPWP ini bertujuan untuk memudahkan administrasi perpajakan. Wajib pajak pun diharapkan dapat lebih patuh menjalankan kewajiban membayar pajak. (TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)

Baca juga Berita TribunBatam.id lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved