Breaking News:

KESEHATAN

Kenali Gejala dan Cara Mencegah Infeksi Virus Cacar Monyet

Cacar monyet disebabkan oleh virus cacar monyet atau Monkeypox virus (MPXV), lalu apa gejala terjangkit penyakit ini? Simak ulasannya.

punch media
Ilustrasi penderita cacar monyet atau Monkeypox. Cacar monyet disebabkan oleh virus cacar monyet atau Monkeypox virus (MPXV), gejala ruam dan flu dapat muncul dalam beberapa minggu setelah terinfeksi. 

TRIBUNBATAM.id - Beberapa negara bagian dikejutkan dengan merebaknya wabah cacar monyet atau Monkeypox hingga membuat banyak masyarakat khawatir. 

Disebutkan bahwa belum ada obat spesifik untuk mengatasi penyakit ini. 

Cacar monyet disebabkan oleh virus cacar monyet atau Monkeypox virus (MPXV) yang masih termasuk ke dalam genus Orthopoxvirus.

Cacar Monyet masuk kedalam jenis penyakit yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia dan sebaliknya (zoonosis). 

Pada dasarnya, cacar monyet adalah salah satu penyakit langka, di mana awal mulanya hanya merebak di wilayah endemik seperti Afrika tengah dan barat. 

Namun, dalam beberapa bulan terakhir cacar monyet menyebar dengan pesat di luar dataran afrika hingga menginfeksi setidaknya lebih dari 40 negara.

Baca juga: Virus Monkeypox Bermutasi Sangat Cepat, Ada 50 Mutasi Strain Baru Cacar Monyet Ditemukan

Baca juga: INI 6 Kebiasaan Buruk yang Jadi Pemicu Pembentukan Batu Ginjal, Apa Sajakah

Pasca fenomena tersebut, para ahli kesehatan secara global bekerja sama untuk mengurangi beban dan mengurangi sebaran wabah cacar monyet dengan menetapkan cacar monyet sebagai darurat kesehatan global.

Kasus cacar monyet hingga kini terus meningkat terhitung sejak Mei 2022 lalu.

Para ahli tidak hanya berusaha untuk meningkatkan kesadaran publik tetapi juga mencoba menggunakan vaksin dan mencari obat-obatan untuk mencegah dan mengobati virus ini. 

Lantas, apa saja gejala cacar monyet?

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved