Breaking News:

NATUNA TERKINI

Kepala Basarnas RI Kunjungi Natuna, Cek Kesiapan KPP Pulau Terdepan Kepri

Natuna pulau terdepan Kepri menjadi salah satu tujuan Kepala Basarnas RI, Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi, Selasa (9/8/2022).

TribunBatam.id/Muhammad Ilham
Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) RI, Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi saat meninjau peralatan dan kelengkapan Basarnas di Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Natuna, Selasa (9/8/2022). 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) RI, Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi meninjau Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Natuna di Jalan Air Mulung, Ranai, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Selasa (9/8/2022).

Peninjauan yang dilakukan Kepala Basarnas RI beserta rombongan dalam rangka mengecek kesiapan serta kekuatan alat operasional yang dimiliki KPP Natuna dalam melaksanakan misi penyelamatan di daerah terdepan Indonesia.

Dalam kunjungannya ke Natuna, Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi mengatakan kedatangannya dalam rangka Kunjungan Kerja di wilayah Indonesia bagian Barat.

Mulai dari Pangkal Pinang, Kalimantan Barat, Natuna dan dilanjutkan ke Sumatera.

Ia menambahkan, sejatinya kunjungan kerja yang ia lakukan adalah untuk melihat persiapan dan kesiapan dari Basarnas di Kepulauan Natuna.

Baca juga: Obyek Wisata Natuna di Ranai, Ada Batu Sindu dengan Bebatuan Granit Motif Sulur

Kunjungan ke Natuna adalah yang paling penting.

Apalagi wilayah udara Flight Information Region Region (FIR) baru saja diserahkan ke Indonesia yang semula dikelola oleh Singapura.

"Basarnas dan organisasi transportasi Internasional tidak bisa dipisahkan. Karena salah satu syarat transportasi Internasional di suatu negara adalah harus memiliki badan atau satuan SAR," jelasnya.

Ia juga menjelaskan kaitan antara Basarnas Natuna dengan FIR adalah FIR di Indonesia itu masuk ke dalam ICAO atau Organisasi Penerbangan Sipil Internasional dan juga IMO atau Organisasi Maritim Internasional.

Oleh karenanya kesiapan SAR di wilayahnya harus diperkuat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved