Breaking News:

Kadinkes Kepri Pastikan Warga Batam yang Suspect Cacar Monyet Dinyatakan Negatif

Kadinkes Kepri M Bisri sebut sebelumnya ada warga Batam suspect cacar monyet. Namun dari pemeriksaan hasilnya negatif. Pasien hanya sakit cacar biasa.

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Endra Kaputra
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), M. Bisri pastikan hingga kini belum ada warga Kepri kena cacar monyet. 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Mohammad Bisri memastikan hingga saat ini belum ada warga Kepri yang terpapar cacar monyet.

Walaupun demikian, ia meminta masyarakat Kepri, utamanya yang kerap bepergian ke luar negeri, agar tetap waspada penularan cacar monyet atau monkeypox.

Menurut Kadinkes Kepri, penularan cacar monyet sudah mulai merambah ke kawasan Asia, termasuk di Singapura dan Malaysia.

Dari data yang diperoleh, memang ada satu warga di Batam yang menjadi suspect cacar monyet. Namun, dari hasil pemeriksaan, hasilnya negatif, dan hanya sakit cacar biasa.

"Ada satu orang suspect, ternyata bukan dari hasil pemeriksaan laboratorium. Yang bersangkutan hanya terjangkit penyakit cacar air," sebutnya, Rabu (10/8/2022) di Tanjungpinang.

Adapun gejala umum dari penyakit itu di antaranya, demam panas dengan suhu tubuh 38,35 derajat, adanya pembengkakan limpa, serta ruam di kulit.

Baca juga: Waspada Cacar Monyet, Dinkes Bintan Koordinasi ke Karantina Perketat Pengawasan

“Kalau ada yang memiliki gejala seperti itu, itu sudah masuk dalam suspect,” jelasnya.

Kementerian Kesehatan RI lanjutnya, saat ini sudah dua kali menerbitkan surat edaran kepada pemerintah daerah, untuk mewaspadai penularan penyakit tersebut.

“KKP juga sudah mulai melakukan pengawasan di pintu-pintu masuk untuk mewaspadai penularan penyakit ini,” ucapnya.. (Tribunbatam.id/endrakaputra)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved