Breaking News:

KESEHATAN

Kenali Gejala dan Tanda-Tanda Stroke, Segera ke RS Jika Terkena Serangan Mendadak

Semakin cepat mendapatkan pengobatan, penderita stroke dapat tertolong dan mengurangi resiko kematian atau kecacatan permanen.

Penulis: Yeni Hartati | Editor: Rimna Sari Bangun
freepik
STROKE - Waspadai gejala stroke, deteksi dini dan simak cara penangananya agar dapat cepat tertolong. 

TRIBUNBATAM.id, KARIMUN - Informasi kesehatan kali ini mengupas tentang gejala dan tanda-tanda stroke yang dapat menyerang kapan saja.

Tribunbatam.id melalui tips kesehatan dari RSUD Muhammad Sani, akan memberikan diagram periode emas penanganan stroke agar penderita stroke dapat tertolong dan mengurangi resiko kematian.

RSUD Muhammad Sani merupakan rumah sakit terlengkap yang berlokasi di Jalan Sudirman Poros, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Secara umum, ada dua penyebab utama stroke yaitu asteri yang tersumbat (stroke iskemik), atau kebocoran atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik).

Akibatnya, sebagian otak tidak mendapatkan pasokan darah yang membawa oksigen sehingga mengalami kematian pada sel atau jaringan. Dan ini membutuhkan diagnosis medis.

Adapun gejala stroke yang wajib diwaspadai yakni sulit berjalan, berbicara, dan memahami, serta kelumpuhan atau mati rasa pada wajah, lengan, atau tungkai.

Apabila seseorang yang diduga terkena serangan stroke langsung dibawa ke Unit Gawat Darurat (UGD) untuk mendapatkan penanganan serta pengobatan.

Baca juga: Anak Muda Juga Rentan Kena Stroke, Begini Cara Mencegahnya

Baca juga: Bebas dari Penyakit Stroke di Masa Tua, Mulailah Rutin Konsumsi 2 Minuman Ini Setiap Hari

Semakin cepat mendapatkan pengobatan, penderita stroke dapat tertolong dan mengurangi resiko kematian atau kecacatan permanen.

Diagram periode emas penanganan stroke, kurang dari 2 jam, maksimal 2,5 jam, dan kurang dari 4,5 jam.

Apabila serangan stroke terjadi dapat menelpon langsung pihak rumah sakit, kemudian ambulan akan menjemput untuk dibawa kerumah sakit.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved