Breaking News:

DISKOMINFOTIK ANAMBAS

Bupati Anambas Targetkan Realisasi Serapan APBD di Atas 90 Persen Desember Nanti

Bupati Anambas Abdul Haris menargetkan realisasi fisik dan keuangan daerah dari APBD bisa capai di atas 90 persen pada Desember 2022

tribunbatam.id/Noven Simanjuntak
Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris saat mengulas rapat evaluasi terkait realisasi fisik dan keuangan daerah yang digelar baru-baru ini 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris menyatakan, laporan realisasi fisik dan keuangan daerah pada Triwulan II Tahun 2022 masih dalam kategori normal.

Keterangan hasil laporan itu disampaikannya, baru-baru ini dalam rapat evaluasi di Aula Prof. M Zein, Kantor Bupati Kepulauan Anambas.

"Ya, sejauh ini untuk realisasinya masih dalam tahap normal," ucapnya kembali pada Senin, (22/8/2022).

Bersama Wakil Bupati Wan Zuhendra dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kepala Badan/Inspektorat serta perwakilan Sekretariat Dewan Kepulauan Anambas kala itu, Haris mengatakan, hasil capaian realisasi mencapai rata-rata di atas 52 persen.

"Rata-rata di atas 52 persen, malah ada juga yang sampai 67 persen bahkan 70 persen. Saya kira itu normal lah," katanya lagi.

Ia mengatakan, rapat evaluasi tersebut merupakan bukti keseriusan pemerintah daerah dalam realisasi serapan APBD.

"Ini menunjukkan keseriusan kita dalam mengoptimalisasi sistem evaluasi realisasi fisik maupun keuangan daerah. Insya Allah, target kita nanti di Desember itu 90 lebih persen," tuturnya.

Baca juga: Bupati Anambas Abdul Haris Hadiri Fishing Tournament Kajati Kepri Cup 2022

Giat itu, lanjutnya, adalah sebagai bentuk strategi pemimpin daerah dalam menilai kinerja atau tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam menyerap dan mempertanggungjawabkan anggaran daerah.

"Jadi ini juga bagian dari salah satu strategi pemimpin daerah untuk dievaluasi agar apabila ada yang keliru dapat diperbaiki kembali," ungkap orang nomor satu di Anambas itu.

Bahkan dirinya beranggapan, pentingnya rapat evaluasi itu sebagai daya pengingat dan dapat menjadi wadah bertukar pikiran dan informasi antar kepala OPD.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved