Breaking News:

NELAYAN DATANGI DPRD BINTAN

Ini Tiga Tuntutan Nelayan saat Audiensi di DPRD Bintan, Pertama Tolak Cantrang

Perwakilan nelayan menyampaikan tiga poin pernyataan sikap saat audensi dengan DPRD Bintan, Senin (22/8)

Penulis: Alfandi Simamora | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Alfandi Simamora
Suasana saat nelayan melakukan audiensi dengan DPRD Bintan di ruang rapat Komisi I DPRD Bintan, Senin (22/8/2022) 

BINTAN, TRIBUNBINTAN.com - Audiensi perwakilan nelayan Bintan berlangsung alot di Ruang Rapat Komisi I DPRD Bintan, Senin (22/8/2022).

Sejumlah keluhan disampaikan oleh perwakilan KNTI Bintan, Forum Perjuangan Pelarangan Api Cantrang dan Pukat Trawl Lintas Ormas, dan OKP Kabupaten Bintan.

Perwakilan nelayan dalam audiensi, Mustafa Abbas menyampaikan, tiga poin pernyataan sikap saat audensi dengan DPRD Bintan.

Pertama menolak dengan tegas penggunaan pukat trawl dan cantrang atau jaring hela (jaring berkantong) beroperasi di wilayah Kabupaten Bintan.

Kedua, mendesak pemerintah daerah untuk segera menerbitkan regulasi pelarangan terhadap penggunaan alat penangkapan ikan pukat trawl dan cantrang atau jaring Hela beroperasi di wilayah Kabupaten Bintan.

Ketiga, membentuk satgas pemantauan dan pengawasan penggunaan alat penangkapan ikan.

Baca juga: Hasil Tangkap Ikan Nelayan Turun, Marjana Menangis saat Audiensi di DPRD Bintan

“Kami tidak mau ada nelayan yang menggunakan pukat trawl dan cantrang atau jaring Hela masuk di Bintan,” ucap Mustafa Abbas yang juga Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Bintan.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Bintan, Fiven Sumanti menyampaikan, permasalahan pukat trawl dan cantrang atau jaring hela (jaring berkantong) sangat mengganggu para nelayan di Bintan.

Sebab, ada nelayan dari luar daerah Bintan menangkap ikan di perairan Bintan menggunakan alat tangkap trawl dan cantrang atau jaring hela (jaring berkantong).

“Maka, kami sebagai rumah aspirasi masyarakat tentu menjadi keprihatinan yang sedang diderita oleh para nelayan dan keluarganya,” ucapnya.

Baca juga: BREAKING NEWS, Nelayan Bintan Datangi Kantor DPRD Keluhkan Pukat Cantrang

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved