Breaking News:

ANAMBAS TERKINI

Harga Telur Ayam di Anambas Terkini per Papan Rp 58 Ribu, Pedagang Sebut Masih Normal

Kia, pedagang Pasar Inpres Tarempa sebut, harga telur ayam di Anambas masih termasuk kategori harga lama atau normal. Satu papan Rp 58 ribu

TRIBUNBATAM.id/Roma Uly Sianturi
ilustrasi, pedagang sedang menata telur ayam. Harga telur ayam di Anambas saat ini berada di kisaran Rp 58 ribu per papannya 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Harga komoditas telur ayam ras di Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) saat ini berada di angka Rp 58 ribu per papan.

Pasokan telur ayam ras ini diperkirakan belum mengalami kenaikan harga untuk wilayah perbatasan Indonesia di Anambas.

Kia, pedagang Pasar Inpres Tarempa mengatakan, harga telur ayam ras itu masih termasuk kategori harga lama atau normal di pasaran.

"Kalau untuk harga telur masih normal atau ikut harga lama dan belum ada kenaikan dalam minggu ini," ucapnya saat ditemui Tribunbatam.id, Senin (29/8/2022).

Saat ini di beberapa wilayah Indonesia, harga telur ayam ras mengalami kenaikan harga per kilogramnya. Menurut Kia, hal itu nantinya juga akan berlaku sama di Anambas.

"Kalaupun ada mungkin di minggu yang akan datang bakal naik, karena secara nasional juga sudah terdengar informasi naik harga," sebutnya.

Meski dirinya pedagang, Kia belum mengetahui persis faktor penyebab kenaikan harga telur ayam ras tersebut.

Baca juga: Harga Telur Ayam di Pasar Mega Legenda Batam Mulai Turun, Sepapan Rp 53 Ribu

Diterangkannya, harga pasokan telur ayam ras yang didatangkan dari pihak distributor asal Kota Tanjungpinang juga belum mengalami kenaikan harga.

Dengan lama perjalanan 2-3 hari menggunakan kapal kargo, menurutnya kualitas telur ayam dipastikan tetap baik sampai tiba di Anambas.

"Stok kita tidak dipesan dari Jakarta atau Kalimantan, karena kalau sampai sini kan waktunya lama dan biayanya akan lebih tinggi," jelasnya.

Ia menuturkan, biasanya faktor pendorong kenaikan harga sejumlah bahan pokok di Anambas terjadi apabila musim angin utara dan tidak masuk atau lambatnya ketibaan kapal logistik ke Anambas.

Hal itu juga yang membuat sejumlah pedagang akan beralih menggunakan jasa kapal cepat atau ferry, meski dengan biaya angkut barang dan buruh juga mengalami kenaikan yang sama.

"Sekarang ini pun sebenarnya harga angkut barang dan buruh kapal sudah terjadi kenaikan dari sebelumnya. Tapi kami masih bisalah menyamakan harga telur agar tidak naik," terangnya.

Adapun harga jual telur ayam ras di Kabupaten Kepulauan Anambas per ikat Rp 260 ribu, per papan Rp 58 ribu dan per butir Rp 2 ribu. (Tribunbatam.id/Noven Simanjuntak)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved