Breaking News:

KESEHATAN

Manfaat Berkumur dengan Air Garam, Selain kesehatan Mulut Juga Redakan Demam

Berkumur menggunakan air garam yang dibarengi dengan irigasi hidung bisa meringankan gejala demam, khususnya pilek dan membersihkan mulut 

freepik.com
Ilustrasi - Berkumur menggunakan air garam yang dibarengi dengan irigasi hidung bisa meringankan gejala demam, khususnya pilek dan membersihkan mulut  

TRIBUNBATAM.id - Sejumlah penelitian menemukan manfaat berkumur dengan air garam untuk kesehatan.

Bahkan berkumur dengan air garam sama efektifnya dengan obat kumur di pasaran, karena bisa membunuh bakteri serta meningkatkan kesehatan mulut. 

Manfaat lain dari berkumur dengan air garam adalah untuk gigi sensitif.

Bahkan, berkumur menggunakan air garam yang dibarengi dengan irigasi hidung bisa meringankan gejala demam, khususnya pilek. 

Tidak hanya itu saja, penelitian ini juga membuktikan bahwa berkumur dengan menggunakan air garam juga aman untuk orang-orang yang pernah mengalami Covid-19.

Baca juga: Cara Alami Sembuhkan Sariawan Akut dengan 7 Bahan Herbal, Mulai dari Air Garam hingga Kunyit

Baca juga: Cara Mengeluarkan Dahak secara Alami, Cukup Konsomsi Herbal dan Berkumur Air Garam

1. Menghentikan Pertumbuhan Bakteri

Melansir Medical News Today, berkumur menggunakan air garam membantu menghilangkan bakteri yang bersarang di gusi sehingga mencegah penumpukan plak dan karang gigi.

Penelitian dari India yang terbit pada Journal of Indian Society of Pedodontics and Preventive Dentistry pada tahun 2017 juga menemukan hal yang serupa.

Menurut penelitian ini, berkumur menggunakan air garam secara reguler terbukti efektif untuk menghentikan penumpukan plak.

Tidak hanya itu saja, Dr. Marc Lazare, DDS, melalui Healthline, menjelaskan bahwa berkumur menggunakan air garam bisa menurunkan tingkat keasaman di dalam mulut sehingga bakteri tidak mudah berkembang biak.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved