Breaking News:

DISKOMINFO LINGGA

Wisatawan Malaysia Kunjungi Wisata Lingga dari Tempat Sejarah hingga Pusat Kuliner

30 wisatawan Malaysia berkunjung ke Lingga. Mereka diajak berkeliling ibukota Daik. Mereka juga mengunjungi sejumlah wisata Lingga, sejarah, kuliner

Penulis: Febriyuanda | Editor: Dewi Haryati
Prokopim Lingga/Arpa Aindi
Wisatawan asal Malaysia saat mengunjungi Museum Linggam Cahaya di Daik, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri, Selasa (6/9/2022) 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri) menerima kunjungan rombongan wisatawan dari Malaysia di Daik, Kecamatan Lingga, Selasa (6/9/2022).

Setidaknya ada 30 orang dari mereka merupakan wisatawan yang datang dari berbagai wilayah bagian di Malaysia.

Di bawah tour guide Dinas Pariwisata (Dispar) serta Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Lingga, mereka diajak berkeliling ibukota Daik.

Mereka pun mengunjungi wisata sejarah yang ada di Daik.

Mulai dari Museum Linggam Cahaya, Makam Bukit Cengkeh, Makam Merah, Benteng Bukit Cening, Masjid Jami' Sultan Lingga, Makam Sultan Mahmud Riayat Syah III, hingga ke Reflika Istana Damnah.

Selain itu mereka juga menyempatkan mengunjungi wisata Air Terjun Resun, serta jamuan di Pusat Kuliner Tanjung Buton, Desa Mepar.

Daerah bekas kerajaan ini, memang menjadi pusat wisata sejarah dan budaya yang lama dikenal oleh wisatawan negara tetangga ini.

"Sebenarnya kami mengunjungi Pulau Penyengat dan ke Lingga, untuk melawat ke negeri Kesultanan Riau-Lingga atau tempat sejarah," kata seorang wisatawan Malaysia, Zainal Abidin kepada Tribunbatam.id.

Baca juga: Siswi SMAN 2 Singkep di Lingga Wakili Kepri ke Tingkat Nasional Lomba Baca Puisi

Ia pun banyak melihat situs-situs sejarah bersama rombongan. Seperti di Museum Lingga yang banyak menarik perhatian mereka.

"Yang memang sudah rencana awal kami untuk melihat bagaimana silsilah sejarah dari Penyengat dan Lingga," ujarnya.

Untuk berkeliling, mereka pun dipandu oleh Lazuardy dari Disbud Lingga yang juga Pemerhati Sejarah dan Budaya.

Sementara itu Kepala Dispar Lingga, Zalmidri berharap dari kunjungan wisatawan Malaysia ini, mereka bisa menyebarkan informasi terkait wisata yang ada di Lingga ini.

"Dengan mereka menyampaikan ke orang lain atau mungkin dengan keluarga, mudah-mudahan dapat menambah kunjungan lagi ke depannya," harapnya.

(Tribunbatam.id/Febriyuanda)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved