Breaking News:

BINTAN TERKINI

Nelayan Bintan Senang, KSOP Kelas III Kijang Gelar Pengurusan E Pass Kecil Gratis

Program pengurusan E-Pass Kecil secara gratis oleh KSOP Kelas III Kijang ini sangat diperlukan oleh nelayan lokal yang memiliki pompong.

TribunBatam.id/Alfandi Simamora
Pompong nelayan lokal saat melintas di Pelabuhan Ikan Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Jumat (16/9/2022). Pemerintah melalui KSOP Kelas lll Kijang memiliki program pengurusan E-Pass Kecil gratis bagi nelayan. 

BINTAN, TRIBUNBATAM.id - Pertemuan antara perwakilan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kijang, Kecamatan Bintan Timur jadi angin segar bagi mereka yang memiliki pompong.

Dalam pertemuan yang digelar Jumat (16/9/2022) itu, membahas terkait rencana pengurusan E-Pass kecil untuk kapalnelayan bertonase di bawah tujuh GT.

Wakil Ketua Lingkungan Hidup dan Pesisir HSNI Bintan, Jardin membenarkan pertemuan yang digelar di Kantor KSOP Kelas III Kijang itu.

"Jadi Pemerintah melalui KSOP Kelas lll Kijang memiliki program pengurusan E-Pass Kecil gratis bagi nelayan. Sehingga tadi dalam rapat pihak Desa dan Kelurahan diharapkan dapat mensosialisasikan pengurusan E-Pass Kecil kepada nelayan," tuturnya, Jumat (16/9/2022).

E-Pass Kecil ini diakui Jardin sangat berguna sebagai legalitas nelayan terkait kepemilikan kapal.

Baca juga: Jenazah Sulaiman Nelayan Bintan yang Hilang saat Melaut sudah Dimakamkan

Soalnya dengan E-Pass Kecil ini jika pompong hilang, hanyut pemilik bisa mengidentifikasi melalui E-Pass Kecil.

Sehingga jika ada menemukan tidak serta merta dia bisa mengaku itu miliknya.

"Maka dari itu dihimbau bagi nelayan yang memiliki pompong di bawah 7 GT segera mengurus dan memanfaatkan program pengurusan E-Pass Kecil ini," jelasnya.

Pengawasan HNSI Bintan, Harun menjelaskan, bahwa dari hasil rapat itu, untuk pengurusan E-Pass Kecil direncanakan nantinya bisa di Kecamatan.

"Jadi nelayan bintan dipermudah, dengan tinggal mengurus di Kecamatan masing-masing. Kita dari HSNI Bintan juga nanti akan melakukan sosialisasi dan membantu juga nelayan kita di bintan," ungkapnya.

Harun juga menambahkan, bahwa dari katerangan Ketua HSNI Bintan pengurusan E-Pass Kecil di Kecamatan oleh KSOP Bintan akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

Baca juga: Jasad Sulaiman, Nelayan Bintan yang Hilang saat Melaut Ditemukan Mengapung

"Pengurusan E-Pass Kecil ini diberikan gratis kepada para nelayan oleh KSOP Kelas lll Kijang," jelasnya.

Harun juga menambahkan, E-Pass Kecil ini nantinya akan berbentuk seperti Kartu ATM.

"Jadi tidak kertas lagi bentuk E-Pass Kecilnya seperti waktu itu. Sehingga tidak gampang basah," tutupnya.(TribunBatam.id/Alfandi Simamora)

Baca juga Berita TribunBatam.id lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved