Breaking News:

Sepekan Tilang Elektronik ETLE di Batam, Polisi Catat 72885 Pelanggar Lalu Lintas

Sejak tilang elektronik di Batam berlaku 22 September 2022 lalu, kamera ETLE menangkap ada 72.885 pengendara langgar aturan berlalu lintas

Penulis: Beres Lumbantobing | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/BeresLumbantobing
Kanit Laka Lantas Polda Kepri, Iptu Brian menunjuk layar seorang pengendara tercapture melakakukan pelanggaran lalu lintas dalam monitor pantau ETLE di Mapolda Kepri, Batam, Kamis (29/9/2022) 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Direktorat Lalu Lintas Polda Kepri mencatat ada 72.885 pelanggar lalu lintas yang tertangkap kamera Electronic Traffic Law Enforcement atau ETLE melakukan pelanggaran di Batam.

Jumlah itu diakumulasi sejak tilang elektronik ETLE berlaku di Batam mulai Kamis, 22 September 2022.

Dari banyaknya pengendara yang terekam kamera elektronik itu, tim pengendali ETLE saat ini tengah melakukan verifikasi terhadap pelaku pelanggaran berlalu lintas di Batam tersebut.

Hal itu disampaikan Dirlantas Polda Kepri melalui Kanit Laka Lantas Subdit Gakkum Ditlantas Polda Kepri, Iptu Brian di ruang layar monitor pengendali ETLE, Mapolda Kepri, Kamis.

Di ruang monitor pengendali ETLE, terdapat 16 layar lebar dari setiap laporan kamera pemantau lalu lintas.

Selain itu, juga ada beberapa personel pengendali ETLE yang bertugas untuk melakukan verifikasi terhadap pelanggaran berlalu lintas.

Baca juga: TILANG Elektronik Sudah Berlaku di Batam, Ini Daftar Lokasi Kamera ETLE 

Ia mengatakan, setiap pengendara yang melakukan pelanggaran berlalu lintas akan tercapture kamera ETLE, baik roda dua maupun roda empat hingga roda delapan.

Untuk kendaraan roda dua, pelanggaran yang tertangkap kamera ETLE dominan mereka tidak menggunakan helm, menerobos lampu merah, dan bermain handphone.

Sedangkan untuk kendaraan roda empat, kategori pelanggaran dominan tidak pakai safety belt, menerobos lampu merah.

Ada 13 titik kamera yang terpasang di sejumlah titik lampu merah di Batam. Namun hanya tiga di antaranya yang bisa melakukan capture yakni ETLE.

Baca juga: CEK Besaran Denda Tilang Elektronik ETLE Berdasarkan Jenis Pelanggarannya

Dari tiga lokasi ETLE yang terpasang, Brian menyebutkan pelanggaran yang paling banyak tercapture berada di ETLE Muka Kuning dan Simpang Masjid Raya Batam Center.

“Setiap hari ada sekitar tiga ribuan pelanggar berlalu lintas yang tertangkap kamera ETLE. Jumlah itu masih terbilang tinggi. Sampai hari ini berdasarkan data kita total pelanggar ada sebanyak 72.885 pengendara,” ungkap Brian.

Sebelumnya, pada 22 September lalu, Ditlantas Polda Kepri telah memasang kamera ETLE di tiga titik. Tiga titik itu berada di Jalan Brigjen Katamso Lampu Merah Batamindo, di Jalan Ahmad Yani Simpang Masjid Raya Batam Center dan lalu lintas di Jalan KDA dalam. (TRIBUNBATAM.id/bereslumbantobing)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved