Breaking News:

DISKOMINFOTIK ANAMBAS

Bupati Anambas Siap Alihkan Dana Kunkernya untuk Motivasi IRT di Program Gertam

Bupati Anambas Abdul Haris memotivasi kelompok IRT yang berhasil kelola gertam akan dihadiahi uang tunai. Dananya bisa diambil dari dana kunkernya

tribunbatam.id/Novenri Simanjuntak
Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris beri sambutan pada acara sosialisasi dan bimbingan teknis Gerakan Tanam (Gertam) cabai dan pemanfaatan pekarangan Tim Penggerak PKK Kabupaten Anambas, Senin (28/11/2022) di Gedung BPMS Tarempa. 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris menyambut baik acara sosialisasi dan bimbingan teknis Gerakan Tanam (Gertam) cabai dan pemanfaatan pekarangan Tim Penggerak PKK Kabupaten Anambas.

Respons itu diungkapkan Bupati Anambas itu saat menghadiri undangan di Gedung BPMS Tarempa, Senin (28/11/2022).

Dalam sambutannya, Haris menilai program gerakan tanam cabai dan pemanfaatan pekarangan sangat bernilai strategis untuk membentuk ketahanan pangan rumah tangga di Anambas.

Ia berharap, program Gertam ini tidak hanya seremoni saja, melainkan dijalankan berkelanjutan kepada kelompok ibu-ibu rumah tangga yang ada di setiap desa maupun kecamatan.

"Program ini sangat bermanfaat untuk digerakkan. Oleh karena itu, Tim PKK bersama Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan, kiranya dapat serius mendorong dan memberikan motivasi terkait kebutuhan dan keperluan masyarakat terkait gerakan tanam cabai dan pemanfaatan pekarangan ini," ucap Haris.

Baca juga: Bupati Anambas Proyeksikan Pendapatan Daerah Naik 35,72 Persen di APBD 2023

Menurut Ketua DPW PPP Kepri itu, pemberian bantuan bibit, pupuk, lahan kelola hingga sosialisasi tata cara penanaman yang baik harus terus digalakkan instansi terkait melalui sinergitas bersama.

"Pencanangan ini harus betul-betul dijalankan. Kalau bisa sasaran utamanya di kecamatan besar dulu, seperti Kecamatan Siantan, Palmatak dan Jemaja. Baru setelahnya dikembangkan ke kecamatan lainnya," sebutnya.

Di kesempatan itu, Haris juga meminta kepada DPPP Anambas untuk melakukan pengawasan serta motivasi kelompok ibu-ibu rumah tangga (IRT) yang berhasil mengelola Gertam cabai dan penanaman pekarangan.

Motivasi itu, lanjutnya, ialah berupa pemberian hadiah uang tunai sebesar Rp 1 atau 2 juta sebagai upaya keseriusan pemerintah daerah kepada masing-masing rumah tangga.

"Nah kalau dinas sudah mentok uangnya, nanti biarlah uangnya diambil dari dana kunjungan kerja saya (bupati) sebesar Rp 100 juta untuk disisihkan dalam program Gertam ini," ungkapnya.

Baca juga: Sekda Anambas, Sahtiar Tutup Pertandingan Futsal HUT ke-51 Korpri 

Haris pun meminta, Sekda Anambas serta asisten Setda untuk mendindaklanjuti janjinya itu dengan menyusun regulasi sebagaimana ketentuan hukum yang berlaku.

"Dari laporan Bappeda ada beberapa kegiatan kunker saya yang tidak ada DED-nya. Jadi nanti silahkan Pak Sekda dan Asisten buatkan regulasinya agar dialihkan ke program ini. Apakah nanti melalui keputusan Kepala Dinas ataupun Keputusan Kepala Daerah," ujar Haris. (Tribunbatam.id/Noven Simanjuntak)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved