Breaking News:

UPAH PEKERJA

TAK Mau UMK Batam 2023 Ditetapkan Rp 4,5 Juta, Serikat Pekerja Datangi Kantor Gubernur

Serikat pekerja Batam mendatangi kantor Gubernur Kepri sebelum UMK Batam 2023 ditetapkan. Mereka berharap nilai UMK Batam sesuai pengajuan buruh.

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Tri Indaryani
TRIBUNBATAM.id/ISTIMEWA
Perwakilan serikat pekerja Kota Batam mendatangi kantor gubernur di Dompak, Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, Senin (12/5/2022).  

BATAM,  TRIBUNBATAM.id - Perwakilan serikat pekerja Kota Batam mendatangi kantor Gubernur Kepri di Dompak, Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, Senin (12/5/2022).

Sayangnya, mereka gagal bertemu dengan Gubernur Kepri Ansar Ahmad.

"Rencana kami bertemu dengan Gubernur Kepri sebelum Gubernur menetapkan UMK Batam 2023," ujar Ketua Cabang Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kota Batam, Yafet Ramon.

Diakuinya, tujuan ingin berjumpa Ansar adalah menyampaikan kepada bahwa ada yang terlewatkan dalam rekomendasi UMK Batam 2023 oleh  Wali Kota Batam.

"Bahwa dalam rekomendasi tersebut index alfa 0.15 sangat jauh dari harapan buruh. Mengapa? ," kata Yefet.

Pasalnya pertama berdasarkan pihaknya melakukan survey KHL pasca kenaikan BBM rata-rata sebesar Rp. 5.076.000. Kedua data inflasi dan pertumbuhan ekonomi sampai September.

Baca juga: BURUH Batam Minta Rekomendasi UMK Batam 2023 Ditarik dan Direvisi, Ini Jawab Wawako

"Artinya potret inflasi dan pertumbuhan Oktober, November dan Desember harus ditambahkan dalam perhitungan upah, kalau tidak diperhitungkan maka buruh menanggung beban kenaikan harga harga," katanya.

Ketiga, lanjut dia, selisih upah 2021 yang telah diputuskan MA tidak diperhatikan.

Keempat index Alfa 0.15 adalah yang terendah se-Provinsi Kepri.

Kelima pengertian index alfa dalam permenaker tersebut adalah wujud index tertentu yang mengambarkan kontribusi tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi. 

Dengan nilai tertentu dalam rentang tertentu yaitu 0.10 sampai dengan 0.30. Dan penentuan nilai alfa ini harus mempertimbangkan produktifitas dan perluasan penempatan kerja. ( TRIBUNBATAM.id/Roma Uly Sianturi)

 

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved