Breaking News:

BATAM TERKINI

BATAM Sering Banjir, Tahun Depan PDIP Bakal Usulkan Pembuatan Perda Drainase 

PDIP berencana mengusulkan Perda drainase sebagai salah satu solusi mengatasi banjir di Batam yang belakangan meresahkan.

TribunBatam.id/Hening Sekar Utami
Mobil excavator membongkar rangka pembangunan drainase di dekat kawasan Tiban Kampung, Sekupang, Batam, Kamis (6/10/2022). Banjir di Batam dialami sejumlah warga di sana. Foto : Ilustrasi 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Permasalahan banjir di sejumlah ruas jalan raya mendapat perhatian serius Ketua DPRD Batam, Nuryanto.

Cak Nur, panggilan akrabnya, menyayangkan kondisi tersebut bisa terjadi di tengah maraknya pembangunan jalan di Kota Batam.

"Perencanaan itu penting. Bukan hanya membuat jalan, jalan air juga harus diperhatikan," ujarnya saat ditanyakan Tribun Batam, Rabu (7/12/2022).

Menurut Cak Nur, perlu kajian komprehensif dalam menyikapi permasalahan ini.

Sehingga, pembangunan kota yang sedang dalam progres tak mendapat sorotan tajam dari masyarakat.

"Perlu kajian agar jalan air [drainase] satu dengan lainnya bisa terintegrasi. Batam ini dikelilingi laut, masa sih tak bisa [aliran air] itu langsung ke laut? Tinggal dimana titik-titik banjirnya diarahkan ke laut. Apalagi ada waduk-waduk, ini 'kan memang untuk menampung air hujan," tambahnya.

Politisi PDIP itu mengakui jika permasalahan banjir ini menjadi keresahan banyak masyarakat hari ini.

Baca juga: WARGA Marok Tua Lingga Makan Bersama di Atas Jembatan yang Diresmikan Gubernur Kepri

Oleh karenanya, Cak Nur berharap pemerintah dapat segera mencari solusi.

"Ini mesti dievaluasi. Mesti dicarikan solusi," katanya.

Sementara, Anggota Komisi III DPRD Batam, Thomas Arihta Sembiring, mengatakan jika pemerintah juga harus memperhatikan dampak dari pembangunan yang begitu masif saat ini.

"Pemerintah juga harus memperhatikan estetika dan dampak dari pekerjaan yang dilakukan jangan sampai merugikan masyarakat," ujarnya kepada Tribun Batam.

Politisi yang juga berasal dari partai berlogo Banteng Moncong Putih ini menuturkan, pembangunan jalan saat ini sebetulnya sudah cukup bagus.

Akan tetapi, kata dia, aktivitas pembangunan juga harus memperhatikan dampak dari kegiatan yang dilaksanakan.

Sehingga, keadaan serupa tak menyebabkan persoalan sosial ke depannya.

"Kami dari PDIP akan mengusulkan terkait Perda Drainase tahun depan. Kita 'kan belum punya. Sehingga, ketika pemerintah mengalokasikan untuk membangun drainase itu, tidak serta merta drainase dibiarkan begitu saja," katanya lagi. ( TRIBUNBATAM.id/Ichwan Nurfadillah)

 

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved