TribunBatam/

BATAM TERKINI

Daerah Resapan Air di Sagulung Ditimbun, Batuaji Terancam Langganan Banjir

Hujan yang mengguyur Batuaji, Sagulung dan sekitarnya, membuat beberapa ruas jalan di Batuaji dan Sagulung mengalami banjir.

Daerah Resapan Air di Sagulung Ditimbun, Batuaji Terancam Langganan Banjir
TRIBUNBATAM/IAN PERTANIAN
Banjir menggenangi sejumlah wilayah di Batuaji setelah hujan tiba. Diduga air tersebut melimpah akibat maraknya penimbunan. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM,BATAM - Hujan yang mengguyur Batuaji, Sagulung dan sekitarnya, sejak pagi sampai siang hari, membuat beberapa ruas jalan di Batuaji dan Sagulung mengalami banjir.

Beberapa ruas jalan yang mengalami banjir di Batuaji dan Sagulung, seperti jalan trans Barelang tepatnya di simpang Yayasan Permate Tembesi, Jalan R Suprapto tepatnya di depan perumahan Putri Tujuh Batuaji.

Banjir juga terjadi di depan SP Plaza Sagulung, depan pasar Melayu Batuaji, perumahan kodim Batuaji, dan jalan R Suprapto tepatnya 200 meter dari Simpang Polsek Batuaji.

Meski sebelumnya pemerintah kota Batam, terus melakukan pelebaran drainase yang ada di Sagulung dan Batuaji, namun banjir masih kerap terjadi. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya lagi lahan yang menjadi resapan air.

(Baca: WOW, Makan di Tea Garden Batam Kita Bisa Pilih 248 Macam Menu Lho)

(Baca: Terkena Razia, Mobil Milik Artis Ikut Diderek Petugas. Ternyata Ini Kesalahannya)

(Baca: Kata KPAI, Seharusnya Begini Prosedur Rumah Sakit Tangani Pasien Tak Mampu Seperti Bayi Debora)

Seperti yang terjadi di wilayah Sagulung, di mana terjadi penimbunan puluhan hektare lahan yang dulunya resapan air dan pembuangan air dari Batuaji.

Lahan yang menjadi resapan air dan yang saat ini sudah dilakukan penimbunan terjadi di wilayah Sagulung tepatnya di samping SMPN 35 Sagulung, dan di belakangan perumahan Taman Anugerah Sagulung, di mana dulunya lokasi tersebut merupakan hutan bakau yang menjadi resapan air.

Namun sekarang kondisinya sudah dilakukan penimbunan.

Bukan itu saja, sungai yang menjadi titik kumpul air dari MKGR Batuaji yang melintang di di samping perumahan Taman Anugrah Sagulung mengalami penyempitan karena aktiftas penimbunan lahan di daerah tersebut.

Muhammad Riduan warga Sagulung, mengatakan semenjak banyaknya penimbunan lahan di Sagulung memnyebabkan seringnya terjadi banjir di Batuaji.

"Air dari Batuaji kan semua larinya ke Sagulung, sementara di Sagulung marak penimbunan lahan ini yang menjadi penyebabnya,"kata Riduan. (*)

*Baca berita terkait di Tribun Batam edisi cetak, selasa 12 September 2017

Penulis: Ian Pertanian
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help