Terdakwa OTT di Pelabuhan Batuampar Disidang Malam Hari dan Divonis 1 Tahun 2 bulan

Terdakwa tidak terbukti meminta atau memaksa ataupun menjanjikan dua perusahaan tersebut untuk memberikan uang kepadanya.

Terdakwa OTT di Pelabuhan Batuampar Disidang Malam Hari dan Divonis 1 Tahun 2 bulan
TRIBUNBATAM.id
Terdakwa kasus pungli di pelabuhan Batuampar, Adil Setiadi, saat sidang pembacaan putusan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Tanjungpinang, Kamis (30/11/2017) malam. 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG – Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Tanjungpinang memvonis terdakwa kasus pungutan liar (Pungli) di Pelabuhan Batu Ampar, Adil Setiadi, divonis penjara 1 tahun dua bulan penjara.

Putusan ini dibacakan oleh hakim ketua majelis Guntur Setiawan pada Kamis (30/1) malam.

"Terdakwa terbukti bersalah menerima sejumlah uang atau hadiah. Dihukum dengan kurungan penjara 1 tahun dua bulan penjara. Denda 50 juta dan subsider 2 bulan penjara," ujar Guntur Setiawan ketua Majelis hakim membacakan putusan.

Baca: 15 Tahun Lalu Aborsi, Perut Wanita Ini Masih Sakit. Saat Diperiksa, Dokter Kaget Lihat Penyebabnya

Baca: 5 Aksi Sulap yang Berakhir Tragis. Ada yang Meninggal dalam Aksi Kubur Hidup-hidup

Baca: Komodo Tiba-tiba Menyerang Yoseph Saat Kerja Bangunan. Bagian Paha Kiri Diterkam

Dalam putusanya, terdakwa tunggal ini terbukti menerima sejumlah uang dari PT lautan Jaya Sukses dan PT Kencana Bayu Pratama sebesar 10 juta dan 6 juta.

Ada dua pasal dalam dakwaan yang diterapkan oleh JPU, Yakni pasal 12 huruf E Undang-undang Tipikor dan pasal alternatif pasal 11 Undang-undang nomor 31 tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi.

Baca: Promotor MotoGP Lebih Memilih Indonesia dan Tolak Proposal dari Potugal

Dalam fakta persidangan, terdakwa tidak terbukti meminta atau memaksa ataupun menjanjikan dua perusahaan tersebut untuk memberikan uang kepadanya.

Namun saat itu, si pemberi datang sendiri menemui terdakwa di salah satu toko kawasan Nagoya Batam untuk memberikan sejumlah uang atas permintaan perusahaan sebagai uang 'buka pintu' di pelabuhan Batu Ampar Batam. (*)

Tags
Pungli
OTT
Penulis: Wahib Wafa
Editor: Abd Rahman Mawazi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help