BPJS KESEHATAN

Pastikan Kartu Sampai ke Peserta, BPJS Kesehatan Lakukan Spot Check

Spot Check ini dilakukan untuk memastikan bahwa Kartu Indonesia Sehat yang disitribusikan oleh pihak ketiga sudah terdistribusikan

Pastikan Kartu Sampai ke Peserta, BPJS Kesehatan Lakukan Spot Check
DOK BPJS KESEHATAN
Pastikan Kartu Sampai ke Peserta, BPJS Kesehatan Lakukan Spot Check 
Pastikan Kartu Sampai ke Peserta, BPJS Kesehatan Lakukan Spot Check
Pastikan Kartu Sampai ke Peserta, BPJS Kesehatan Lakukan Spot Check (DOK BPJS KESEHATAN)

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Untuk memastikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) telah distribusikan oleh pihak ketiga kepada Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI-JK), BPJS Kesehatan Cabang Batam melakukan spot check ke kecamatan yang ada di Kota Batam dan Karimun.

Spot Check ini dilakukan untuk memastikan bahwa Kartu Indonesia Sehat yang disitribusikan oleh pihak ketiga sudah terdistribusikan dan sampai pada penerimanya yaitu peserta Penerima Bantuan Iuran.

"Hal ini kami lakukan dalam upaya memenuhi hak peserta sesuai Pasal 12 ayat 2a Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2016 bahwa setiap peserta yang telah terdaftar pada BPJS Kesehatan berhak mendapatkan identitas peserta berupa Kartu Indonesia Sehat," kata Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Batam, Maucensia Septrina Nababan. 

Baca: BPJS Kesehatan Perpanjang Masa Ujicoba Rujukan Online

Baca: Gelar Media Gathering Dengan Wartawan Bintan, BPJS Ungkap Hal Ini

Baca: Presiden Minta Pemda Danai Iuran BPJS Kesehatan Warganya yang Tak Mampu. Ini Kata Kadinkes Karimun!

“Selain memastikan KIS bagi peserta PBI JK telah terdistribusi, kegiatan spot check ini juga bertujuan untuk memastikan data yang tertera di Kartu Indonesia Sehat telah sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk peserta dan memastikan setiap peserta hanya memiliki 1 (satu) kartu KIS karena apabila double maka salah satu kartu akan ditarik.” Kata Maucensia.

"Kami juga memastikan peserta yang dilaporkan meninggal benar-benar meninggal, jangan sampai masih hidup tapi dilaporkan meninggal," katanya.

Maucensia mengatakan, di Batam dan Karimun, target sampel untuk spot check sebanyak 410 KK atau Kartu Keluarga yang terdiri dari 329 KK di Batam dan 81 KK di Karimun.

"Kegiatan ini berlangsung hingga bulan November mendatang. Namun kami usahakan secepat mungkin untuk selesai mengingat pentingnya memastikan kartu ini sampai ke peserta atau end user. Spot check distribusi KIS PBI APBN ini merupakan salah satu penilaian kinerja BPJS Kesehatan, maka harus dipastikan bahwa KIS harus terdistribusi hingga ke end user,“  katanya.

Maucensia berharap kegiatan spot check ini dapat memberikan dampak positif pada peningkatan pelayanan BPJS Kesehatan kepada peserta.

Melalui program JKN ini, pula diharapkan banyak masyarakat yang terbantu. Sehingga tidak ada lagi masyarakat yang kesulitan biaya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. (adv)

Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved