CPNS 2018

4.302 Pelamar CPNS Batam Ikut Tes SKD Cuma 154 Lolos Passing Grade, Apa Rencana Pemko?

Melihat angka peserta yang lulus tersebut, sebenarnya masih jauh dari kuota kebutuhan CPNS di lingkungan Pemko Batam, yakni sebanyak 363 orang.

4.302 Pelamar CPNS Batam Ikut Tes SKD Cuma 154 Lolos Passing Grade, Apa Rencana Pemko?
TRIBUNBATAM.id/ROMA ULY SIANTURI
Pengarahan sebelum ujian CAT CPNS di Batam, Jumat (26/10/2018) 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Hingga Selasa (13/11/2018) baru 154 peserta pelaksanaan ujian Computer Assisted Test (CAT) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk Kota Batam, yang dinyatakan lulus passing grade Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Sementara peserta yang sudah mengikuti ujian mulai 26 Oktober lalu, sebanyak 4.302 orang yang hadir, dari total peserta 4.550 orang.

Informasi ini diperoleh dari data Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batam.

Melihat angka peserta yang lulus tersebut, sebenarnya masih jauh dari kuota kebutuhan CPNS di lingkungan Pemko Batam, yakni sebanyak 363 orang.

Baca: Seorang ABG Tak Berdaya Disekap 3 Remaja dan Dicabuli Secara Bergilir Selama Tiga Hari

Baca: Tes CPNS 2018 di Anambas - Jauih-jauh dari Rantau Parapat, Lenni Ingin Jadi Bidan di Jemaja

Baca: CPNS 2018 - TENANG! Tak Lolos Passing Grade Ternyata Masih Berpeluang Jadi PNS, Simak Penjelasan

Baca: CPNS 2018 - Ini 3 Opsi Panselnas CPNS 2018 Mengisi Kekosongan Formasi Akibat Banyak Gagal Lolos SKD

Namun sampai saat ini, Pemko Batam belum mendapat solusi terkait hal itu.

"Kami masih menunggu arahan Panselnas (panitia seleksi nasional), ke depannya seperti apa. Saat ini, belum ada," kata Kepala BKPSDM Kota Batam, M Syahir kepada Tribun, Rabu (14/11/2018).

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan pun, menanggapi serupa. Apalagi fenomena banyak peserta CPNS tak lulus passing grade ini, tak hanya terjadi di Batam, tetapi di daerah lainnya di Indonesia.

Dikatakan pihaknya masih membahas terkait opsi-opsi bagi peserta tes CPNS yang tak lolos SKD.

Sebab peserta yang sudah lolos hingga saat ini baru sekitar 84 ribu dari jumlah yang dibutuhkan sebanyak 283.015 orang.

"Opsinya banyak. Ada yang minta penurunan 10 poin, penurunan passing grade. Bagaimana nilai TIU yang tinggi, itu juga masih opsi. Bagaimana juga dengan afirmasi dan sebagainya," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto yang dimintai tanggapannya, tampaknya tak setuju dengan opsi passing grade standar kelulusan tes CPNS diturunkan.

"Standar itukan disesuaikan dengan kebutuhan. Kita dorong pelaksanaan tes ini untuk mencari orang-orang yang terbaik. Bukan hanya untuk memenuhi kuota. Kalau diturunkan gradenya, akan berdampak juga dengan kualitas yang dihasilkan," kata Nuryanto.

Namun apa solusi terbaik untuk memenuhi kuota CPNS Batam sebanyak 363 orang, Nuryanto belum bisa memberikan usulan opsinya. Ia hanya mendorong agar selama pelaksanaan tes bisa berjalan dengan baik.

"Untuk peserta lulus yang belum memenuhi kuota CPNS kita, memang perlu dikaji ulang lagi," ujarnya.

Secara keseluruhan pendaftar CPNS untuk Kota Batam ada 5. 399 orang yang lulus seleksi administrasi. Mereka mesti menjalani tahapan seleksi berikutnya. Untuk Batam, pelaksanaan CAT dijadwalkan berakhir Sabtu (17/11/2018) ini. (wie)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved