BATAM TERKINI

Batam Jadi Kota Pariwisata Yang Nyaman Sulit Tercapai, Keberadaan Gepeng di Jalanan Jadi Penghambat

Harapan Batam sebagai kota pariwisata, masih terganjal dengan keberadaan Gelandang dan Pengemis (Gepeng) di Kota Batam yang kian marak.

Batam Jadi Kota Pariwisata Yang Nyaman Sulit Tercapai, Keberadaan Gepeng di Jalanan Jadi Penghambat
TRIBUNBATAM.id
Pengemis - Pengemis sedang menunggu uluran tangan dari pengendara yang melintas di salah satu lampu merah di Batam. 

Diduga Ada Oknum Memobilisasi sehingga Gelandangan dan Pengemis Tetap Marak di Kota Batam

TRIBUNBATAM, id, BATAM - Harapan Batam sebagai kota pariwisata, masih terganjal dengan keberadaan Gelandang dan Pengemis (Gepeng) di Kota Batam yang kian marak.
Hal tersebut menjadi salah satu faktor ketidaknyamanan wisatawan mancanegara (Wisman) ataupun wisatawan lokal datang ke Batam.

Fenomena masalah sosial khusus di jalan di Batam selama ini, bukan isapan jempol belaka. Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Batam Hasyimah mengatakan, ada beberapa masalah sosial khusus di jalanan seperti gelendangan dan pengemis (gepeng), tuna netra, gangguan jiwa (tuna grahita), tuna daksa, dan beberapa lainnya.

Hasyimah menjelaskan, selama sekitar dua tahun ia menjabat Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Batam, berbagai tantangan ia hadapi.

DPRD Batam Sorot Penanganan Gepeng tak Serius, Kini Pengemis Mulai Marak di Beberapa Lampu Merah

Istri Ustaz Maulana Meninggal Dunia Karena Kanker Usus. Ini Gejala, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Gubernur Kepri Nurdin Basirun Minta Setiap Individu Bisa Jadi Contoh yang Baik

“Keterbatasan anggaran dan anggota kami akan keluarkan Surat Perintah Tugas (SPT) lalu uangnya digunakan pakai apa kalau setiap hari. Meski begitu, kami tetap memang lakukan kerja sama dengan instansi lain. Misalkan Satpol PP,” katanya.

Kendati demikian, Hasyimah berpendapat, perusahaan-perusahaan yang ada di Batam yang punya beban berupa Corporate Social Responsibility (CSR) bisa membantu mengurangi masalah sosial di Batam.

Diakui Hasyimah, beberapa waktu lalu, dinasnya sudah pernah melakukan penertiban terhadap gepeng. Saat diamankan dan dibina di selter Gedung Pusat Rehabilitasi Sosial Nilam Suri yang terletak di Jalan Jalan Hang Lekiu, Nongsa, Batam berbagai persoalan dihadapi.

Sementara itu Anggota Komisi IV DPRD Kota Batam, Aman menyebut Dinsos perlu melakukan penanganan gepeng agar wisatawan yang masuk ke Batam merasa nyaman.

"Ketika Wisman ketemu di jalan dengan Gepeng pasti merasa tidak aman. Oleh karena itu harus diantisipasi dari awal. Penertiban ini juga harus jadi prioritas," ujar Anggota Komisi IV DPRD Kota Batam, Aman kepada Tribun, Minggu (20/1/2019).

Diakuinya APBD yang telah disiapkan, lanjut Aman, sudah dipastikan bisa mencukupi dalam penanganan Gepeng. Apalagi, sekarang masih awal tahun, otomatis dana seharusnya masih ready.

Halaman
123
Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Sihat Manalu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved