BATAM TERKINI

Akan Tiru Konsep Tapping Box, Wali Kota Tangerang Selatan Airin ke Batam

"Inovasi yang dilakukan di Batam, apa yang sudah sukses di Batam akan kami tiru supaya potensi PAD di Tangerang Selatan juga bisa meningkat," kata Air

Akan Tiru Konsep Tapping Box, Wali Kota Tangerang Selatan Airin ke Batam
TRIBUNBATAM.id/DEWI HARYATI
Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany saat mengunjungi kantor Pemerintahaan Kota Batam 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Inovasi yang dilakukan Pemerintah Kota Batam untuk menggenjot potensi pendapatan asli daerah (PAD) dengan tapping box, akan ditiru Pemerintah Kota Tangerang Selatan.

Hal ini disampaikan Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany, usai melakukan kunjungan kerja (kunker) terkait penerapan tapping box di Batam, Rabu (23/1/209).

Airin menilai, Batam telah berhasil menaikkan potensi PAD dengan sistem teknologi yang ada di tapping box.

Tak hanya itu, pembiayaan tapping box yang dipasang di sejumlah wajib pajakpun, tidak membebani Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), melainkan hasil kerjasama dengan bank-bank daerah yang ada di Batam.

"Inovasi yang dilakukan di Batam, apa yang sudah sukses di Batam akan kami tiru supaya potensi PAD di Tangerang Selatan juga bisa meningkat," kata Airin di Gedung Bersama Pemko Batam.

Berkat Tapping Box, Capaian Tiga Sektor Pajak Kota Batam Lampaui Target. Ini Laporannya

Selama 2018, Sudah 400 Unit Tapping Box Terpasang di Batam

Limbah Cemari Pantai Bintan, Komisi III DPRD Kepri Langsung Menghadap Kemenko Maritim

Rumah Seharga Miliaran Tak Terawat dan Dihuni Hantu, Begini Curhatan Ria Ricis

Dikatakan, karakteristik Batam dengan Tangerang Selatan hampir sama. Meskipun ada perbedaan dari segi luas wilayah, jumlah penduduk dan lainnya, namun tak menjadi permasalahan.

"Selama ini untuk tapping box di tempat kami, belum dimaksimalkan. Kalau Batam cukup luar biasa konsepnya. Tak pakai APBD, tapi kerjasama dengan bank," ujarnya.

Bentuk kerjasama antara pemerintah dan pihak lainnya ini dalam pemasangan tapping box, dinilai menjadi hal yang patut dicontoh.

"Ya, nanti kami juga akan kerjasama dengan bank daerah dan bank konvensional lainnya di Tangerang Selatan. Tahun ini target kami untuk menaikkan potensi PAD yang ada di Tangerang Selatan," kata Airin.

Wali Kota Batam, Rudi mengatakan, dari pemasangan tapping box yang dilakukan BP2RD bersama pihak bank, cukup efektif menaikkan PAD Batam.

"November, Desember, perhitungan kita melampaui 20 persen. Kalau perhitungan ini tak salah, setahun bisa naik 100 persen lebih," ujarnya.

Dikatakan dari kerjasama dengan Bank Riau Kepri (BRK), saat ini baru 400 tapping box yang sudah terpasang. Pihaknya sudah mengajukan sekitar 1000 tapping box lagi kepada BRK agar disiapkan.

"Ada 600 tapping box lagi yang akan dipasang," ujarnya.

Sementara itu Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Batam, Raja Azmansyah mengatakan, dari perjanjian kerjasama yang ada, BRK akan menyiapkan 1500 tapping box.

"1500 ini sampai 2021. Tapi target kita 2019 ini bisa terpasang semua. 400 sudah terpasang berarti masih 1100 lagi yang belum. Kita masih menunggu kesiapan dari BRK untuk pelaksanaannya," kata Azmansyah. (wie)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved