VIDEO - Kirim Paket dari Batam Disebut Impor, Simak Tutorial Alur Pengiriman Barang dari Batam

HEBOH di media sosial, Batam disamakan dengan wilayah luar negeri sehingga membuat barang yang dikirim dari Batam ke luar daerah termasuk impor.

TRIBUNBATAM.id, BATAM - HEBOH di media sosial, Batam disamakan dengan wilayah luar negeri sehingga membuat barang yang dikirim dari Batam ke luar daerah termasuk impor.

Begitu juga sebaliknya barang dari luar Batam masuk Batam masuk kategori ekspor.

"Batam disamakan daerahnya dengan wilayah luar negeri. Jadi kalau kita mau kirim paket barang ke Jakarta, jatuhnya impor. Kalau dari Jakarta kirim ke Batam, ekspor," ujar Manajer Penjualan Kantor Pos Batam, M Taufik kepada Tribunbatam.id.

Terkait hal itu, saat ini ada perubahan dalam mekanisme pengiriman barang dari Batam terutama di kantor pos.

Taufik mengatakan, per 1 Februari kemarin, ada perubahan alur pemeriksaan barang yang diterapkan Bea dan Cukai dengan sistem Customs and Excise Information System and Automation (CEISA), utamanya di Kantor Pos Batam.

Jika sebelumnya paket yang dikirim tak dicek atau sortir satu per satu, kini mesti dicek atau disortir satu per satu terlebih dahulu, baru kemudian ke tahapan X-ray untuk melihat isinya.

Kirim Barang dari Batam Termasuk Impor, Ternyata Ini Penyebab Barang Menumpuk di Jasa Ekspedisi

Kirim Barang Keluar Batam Lama Akibat Overload. Begini Penjelasan Pihak Ekspedisi

"Sekarang sistemnya berubah," kata Taufik, Senin (11/2/2019) di kantor pos cabang Batam di Batam Center.

Ia menilai kebijakan ini diterapkan untuk mengantisipasi kebocoran pajak.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK), katanya, pengiriman paket barang keluar daerah lewat Batam, ditentukan nilai barangnya sebesar 75  dolar Amerika Serikat per hari.

Lewat dari itu, mesti dikenakan pajak.

"Misal mau kirim online shop ke Jakarta atas nama M Taufik, lewat pos nilai barangnya 20 US dolar. Kirim lagi lewat JNE dan JNT dengan nama dan alamat yang sama, nilai barangnya 20 US dolar, kirim lagi lewat Lion Parcel dengan nama dan alamat sama 20 US dolar, dengan jasa lain nilai barangnya 30 US dolar. Nah kelebihan dari 75 US dolar ini, dikenai pajak," kata Taufik.

Download Lagu MP3 Armada Ft Ifan Seventeen Demi Tuhan Aku Ikhlas di Android dan iPhone

Aturan ini hanya berlaku di Batam. Karena Batam merupakan kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan Bebas Batam.

Nah, bagi yang masih belum paham dengan alur pengiriman barang dari Batam melalui kantor pos, simakyukvideo tutorial berikut ini.  (rus/wie)

Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved