KARIMUN TERKINI

ATM Apung Pertama di Kepri, Penumpang Bisa Tarik Uang di Speed Boat Terra Joan Tujuan Sei Guntung

"Mulai hari ini, penumpang sudah bisa melakukan transaksi non tunai di dalam kapal. Mungkin ada yang lupa bawa uang tunai, jangan khawatir, kini kami

ATM Apung Pertama di Kepri, Penumpang Bisa Tarik Uang di Speed Boat Terra Joan Tujuan Sei Guntung
TRIBUNBATAM.id/RACTHA YAHYA
Kepala BNI 46 Karimun, Irwansyah menunjukkan mesin ATM apung pertama di Kepri dipasang di speedboat penumpang umum, Terra Joan di pelabuhan KPK, Jumat (1/3/2019) 

TRIBUNBATAM.id, KARIMUN - Perusahaan operator pelayaran umum antar pulau di Karimun, PT Terra Joan Jaya melengkapi dua unit kapal penumpang mereka dengan fasilitas mesin Anjungan Tunai Mandiri atau ATM terapung.

Mereka menggandeng BNI 46 sebagai rekanan penyedia mesin ATM di dalam kapal Speedboat (SB) Terra Joan khusus tujuan Tanjungbalai Karimun-Pulau Buru-Tanjungbatu-Durai-Sei Guntung, Riau.

Terobosan baru itu resmi diluncurkan secara sederhana di pelabuhan penumpang antar pulau Kabupaten Karimun, pelabuhan Sri Tanjung Gelam atau dikenal juga KPK, Jumat (1/3) pagi.

"Mulai hari ini, penumpang sudah bisa melakukan transaksi non tunai di dalam kapal. Mungkin ada yang lupa bawa uang tunai, jangan khawatir, kini kami sudah sediakan layanan ATM di dalam kapal," kata Owner Terra Joan Groups, H Jon Herry, Jumat (1/3/2019).

Warga Khawatir SMAN 1 Bintan Roboh, Anggota Dewan Kepri Ini Siap Hentikan Pengerukan Lahan Miliknya

Link Pendaftaran UTBK Sudah Bisa Diakses, Lengkapi Syaratnya

Awal Mula Serangan Umum 1 Maret 1949, Diawali Pertemuan Soeharto dengan Sultan Hamengku Buwono IX

Catut Nama Sekda Anambas, Pelaku Penipuan Langsung Tutup Handpone Setelah Korbannya Sebut Ini

Jon mengatakan, inovasi tersebut berawal dari keinginannya membantu masyarakat atau penumpang yang berada di pulau-pulau terpencil yang disinggahi speedboat miliknya.

"Tidak hanya penumpang di kapal saja, warga yang daerahnya kami singgahi juga bisa selama kami berhenti menunggu penumpang, mereka boleh menggunakan fasilitas ini," kata Jon.

Jon mengatakan, tidak tertutup kemungkinan fasilitas ini akan diterapkan pada kapal-kapal miliknya yang lain.

Operator mesin ATM terapung tersebut sepenuhnya akan diserahkan kepada nakhoda atau kapten kapal selaku orang yang paling dekat dengan penumpang.

"Pihak bank akan mengajari kapt. Kalau perlu, penumpang bisa langsung menghubungi kapt karna mesin ATM akan berada di ruang kemudi kapal, jadi lebih safety," katanya.

Sementara itu, Kepala BNI 46 Karimun, Irwansyah mengatakan ATM non tunai di kapal penumpang umum tersebut merupakan yang pertama di Provinsi Kepri.

BREAKINGNEWS - Mobil Honda Jazz Terbakar di Simpang Kabil Batam

Surat SBY dari Singapura, AHY Ambil Alih Pemenangan Partai Demokrat, Live TV One Malam Ini

Desa Sei Sebesi Ukir Sejarah, Juarai MTQ Kundur Empat  Kali Berturut-turut

Dua Unit Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan Terbakar, Warga Sebut Sudah Lama Terbengkalai

Irwansyah mengatakan, daya tampung kapal penumpang yang cukup tinggi saat mengangkut warga dari satu pulau ke pulau lain menjadi salah satu pertimbangan pihaknya.

"Juga untuk mendukung program otoritas jasa keuangan dalam hal peningkatan literasi dan inklusi keuangan," katanya. (yah)

Penulis: Rachta Yahya
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved