KARIMUN TERKINI

Empat Sektor Jadi Fokus Pembangunan di Karimun, Perencanaan Pembangunan Berbasis E-planning

"Dalam penyusunan perencanaan pembangunan untuk tahun 2020 terdapat perubahan yang cukup signifikan jika dibandingkan tata cara penyusunan rencana pem

Empat Sektor Jadi Fokus Pembangunan di Karimun, Perencanaan Pembangunan Berbasis E-planning
TRIBUNBATAM.id/ELHADIF PUTRA
Pembukaan Musrembang Kabupaten Karimun. 

TRIBUNBATAM.id, KARIMUN - Sebanyak empat sektor akan menjadi fokus pembangunan di Kabupaten Karimun.

Dimana sektor tersebut adalah pemerataan infrastruktur dan kelestarian lingkungan hidup, peningkatan kualitas sumber daya manusia dan tata kelola birokrasi yang baik, pengembangan investasi dan ekonomi kerakyatan serta peningkatan nilai-nilai keagamaan dan kebudayaan serta pengembangan pariwisata.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq dalam pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan rencana kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun tahun 2019.

Kegiatan Musrembang dilaksanakan selama tiga hari yakni dari tanggal 13-15 Maret 2019 di Gedung Serbaguna Nilam Sari, Kantor Bupati Karimun.

"Dalam penyusunan perencanaan pembangunan untuk tahun 2020 terdapat perubahan yang cukup signifikan jika dibandingkan tata cara penyusunan rencana pembangunan pada tahun-tahun sebelumnya," kata Rafiq.

Ketua DPRD Karimun Turut Prihatin, Warga Sulit Dapatkan Minyak Tanah

Ratusan Nelayan Dilayani Cuma-cuma, Pengukuran dan Percepatan Penerbitan Pas Kecil KSOP

Resmikan Kantor Pengawasan SKDP Karimun, Nurdin: Sumber Daya dan Perikanan Harus Dijaga

Tanjungberlian Kota Juara MTQ Kundur Utara, Wakil Bupati Karimun Minta Warga Gemar Baca Alquran

Disampaikan orang nomor satu di Bumi Berazam tersebut, di tahun ini Pemerintah Daerah telah melaksanakan penyusunan perencanaan pembangunan berbasis elektronik atau e-planning.

"Ini harus kita lakukan untuk mengikuti proses perkembangan zaman dan teknologi untuk melaksanakan rencana aksi yang telah sama-sama kita sepakati dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)," tutur Rafiq.

Menurutnya sistem e-planning juga lebih bersifat transparan, terbuka, mengikuti prosedur dan ketepatan waktu yang telah terprogram.

Selain itu semua pihak yang terlibat di dalamnya dapat mengaksesnyasecara langsung.

"Sehingga diharapkan perencanaan yang kita lakukan menjadi lebih tertib dan jauh dari penyimpangan-penyimpangan," tambahnya.

Ketua pelaksana Musrembang yang juga Kepala Baperlitbang Kabupaten Karimun Djunaidy mengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan adalah untuk menyepakati permasalahan pembangunan daerah, menyepakati prioritas pembangunan daerah, menyepakati program kerja kegiatan pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi.

"Lalu penyelarasan dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi serta klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan daerah dengan dengan program dan kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang Kecamatan," paparnya.(ayf)

Penulis: Elhadif Putra
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved