ANAMBAS TERKINI

Lelang Jabatan OPD Pemkab Anambas, Begini Tekinis Pelelangan Dilakukan BKPSDM

"Ada tiga jabatan tinggi pratama yang saat ini masih kosong. Sesuai dengan jadwal, pendaftaran posisi tiga jabatan itu dimulai dari tanggal 22 Maret h

Lelang Jabatan OPD Pemkab Anambas, Begini Tekinis Pelelangan Dilakukan BKPSDM
Tribunbatam/Septyan Mulia Rohman
Ilustrasi | Bupati Anambas Abdul Haris saat melantik pejabat hasil lelang jabatan beberapa waktu lalu 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Posisi dua Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis bakal dilakukan secara open biding.

Linda Maryati, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kepulauan Anambas mengatakan, dua posisi Kepala OPD teknis tersebut diantaranya Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, Penataan Ruangan dan Pemukiman serta Balitbangpeda bakal dibuka untuk dilakukan sistem open biding.

Selain posisi dua kepala OPD teknis itu, posisi staff ahli bidang pemerintahan dan hukum juga masuk dalam sistem open biding.

"Ada tiga jabatan tinggi pratama yang saat ini masih kosong. Sesuai dengan jadwal, pendaftaran posisi tiga jabatan itu dimulai dari tanggal 22 Maret hingga 5 April 2019," ujarnya, Jumat (22/3/2019). ‎

Ia kemudian menjelaskan kalau terdapat beberapa tahapan mulai dari seleksi administrasi, rekam jejak jabatan, hingga tes kompetensi managerial dan pembuatan makalah dan presentasi hingga akhirnya ke wawancara akhir.

Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2019, Ini Pesan yang Disampaikan Kapolres Anambas

Jelang Pemilu Banyak Berita Hoaks, Bakesbangpol Anambas Ajak FPK Bijak Gunakan Medsos

Pelajar Berjibaku Padamkan Api, Plafon SMPN 2 Siantan Anambas Terbakar

Pembangunan Kejari Kepulauan Anambas Tunggu Restu Presiden, Letak Geografis Jadi Pertimbangan

Panitia seleksi pun, sudah dibentuk yang dipimpin oleh Prof DR Kirmizi Ritonga seorang akademisi.

Sedangkan anggotanya Samsul Bahrum dari Provinsi Kepri, kemudian praktisi hukum yakni Johari SH, dan dari pemerintah daerah, Sekretaris Daerah Anambas Sahtiar dan Asisten III Yendi.

"Ada beberapa tahapan yang harus dilalui bagi peserta untuk mengikuti open biding. Mulai dari seleksi administrasi, pembuatan makalah presentasi hingga wawancara akhir," katanya.

"Berkas lamaran baik yang berbentuk cetak maupun softcopy dapat diantarkan langsung ke panitia seleksi terbuka di kantor BKPSDM atau dapat mengirimkan melalui email bagi yang berada di luar Anambas," ujarnya.

Dia menegaskan soal informasi yang berkembang kalau seleksi terbuka yang dilakukan ini hanya merupaan formalitas saja.

Menurutnya, tahapan yang dilakukan merupakan proses dalam memilih kepala dinas yang terbaik.

"Tidak ada yang seperti itu. Yang jelas, peserta yang mengikuti seleksi harus mampu menunjukkan kemampuannya di depan panitia seleksi untuk menduduki jabatan yang masih kosong tersebut," ungkapnya.

Seperti diketahui, dua posisi kepala OPD teknis tersebut saat ini masih diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt) yakni Adies Saputra pada Plt Balitbangpeda dan Khairul Anwar.

Kepala Dinas PUPR, Penataan Ruangan dan Pemukiman. Mereka berdua, saat ini menduduki posisi definitif sebagai Sekretaris di dua OPD teknis itu.(tyn)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved