Workshop Peningkatan Kompetensi Kader Posyandu Kepri di Tanjungpinang

Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama m

Workshop Peningkatan Kompetensi Kader Posyandu Kepri di Tanjungpinang
IST
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau, Dr. H. Tjetjep Yudiana, M.Kes saat Workshop Peningkatan Kompetensi Kader Posyandu 

TRIBUNBATAM.id - Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar.

Sampai dengan akhir tahun 2018 ini Kota Tanjungpinang memiliki sekitar 136 Posyandu dimana 103 Posyandu diantaranya berada di strata Purnama dan Mandiri.

Ini dapat diartikan 76 % Posyandu di Kota Tanjungpinang tergolong Posyandu Aktif.

Pencapaian ini melampaui Target Nasional yakni 60 %.

Prestasi ini tidak terlepas dari peran Ibu-Ibu Kader Posyandu Tanjungpinang sebagai penyelenggara dan pelaksana Posyandu di Tanjungpinang. Saat ini terdapat sekitar 833 Kader Posyandu di Tanjungpinang dengan 670 Kader diantaranya telah mendapat pelatihan.

Workshop Peningkatan Kompetensi Kader Posyandu ini merupakan sarana untuk meningkatkan kapasitas diri kader posyandu yang memiliki tugas untuk melakukan penyuluhan dan penggerakkan masyarakat serta melakukan pencatatan sederhana sehingga menjadi mitra pemerintah dalam proses pembangunan kesehatan masyarakat, yang bermuara kepada tersampaikannya program-program Kesehatan secara lebih baik kepada masyarakat.

Melalui Workshop ini juga akan terbangun kesadaran, kemauan kemudian menambah pengetahuan sehingga menimbulkan kemampuan serta terbinanya keseimbangan antara menjalankan peran sebagai kader posyandu, istri dan ibu yang akan menghadirkan keharmonisan dalam masyarakat.

Workshop Peningkatan Kompetensi Kader Posyandu dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau, Dr. H. Tjetjep Yudiana, M.Kes, Narasumber dari Direktorat Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI Ibu Dra. Pimanih, M.Kes, Narasumber dari Komisi IV DPRD Provinsi Kepulauan Riau Ibu Hj. Yuniarni Pustoko Weni, SH, Narasumber, Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB Kota Tanjungpinang, Bapak Rustam, SKM, M.Si, Narasumber dari Dinas PMD dan Dukcapil Provinsi Kepulauan Riau, Ibu Syarifah Mudzalifah, SE, Narasumber dari IBI Provinsi Kepulauan Riau, Ibu Yulianti, S.Sos, SST, MT, Para Kader Posyandu Provinsi Kepulauan Riau.

Workshop Peningkatan Kompetensi Kader Posyandu di harapkan ke depan kader posyandu diharapkan mampu menjadi Kader yang berpengetahuan tinggi, serta dapat menularkan ilmunya kepada masyarakat sehingga terwujudlah masyarakat desa dan kelurahan yang peduli, tanggap dan mampu mengatasi permasalahan kesehatan mulai dari tingkat keluarga hingga di masyarakat secara mandiri sehingga meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.(*)

Editor: Agus Tri Harsanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved