Breaking News:

Tanjungpinang Terkini

BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang Melaksanakan Pemutakhiran Data Peserta Segmen TNI/POLRI

Validitas data kepesertaan merupakan hal yang penting untuk menghindari resiko kepesertaan ganda antar segmen kepesertaan

Tribunbatam.id/Thomm Limahekin
BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang melaksanakan pemutakhiran data peserta segmen TNI/POLRI di wilayah Kabupaten Bintan dan Kota Tanjungpinang di ruang rapat BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang pada hari Selasa (27/11/2018). 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG - Validitas data kepesertaan merupakan hal yang penting untuk menghindari resiko kepesertaan ganda antar segmen kepesertaan.

Setiap peserta wajib mendaftar dengan memberikan data yang sebenarnya sesuai dengan identitas kependudukan kepada BPJS Kesehatan selaku penyelenggaran Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Baca: BPJS Tetapkan Desa di Bintan Ini Sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial. Ini Alasannya

Baca: Balon Udara di Bawah Kapal Meledak, PT MOS Tidak Ikutkan Pekerja Sebagai Peserta BPJS

Baca: Semua Atlet, Ofisial dan Panitia Porprov IV Kepri 2018 Ditanggung BPJS Ketenagakerjaan

Dalam rangka meningkatkan validitas data dan kesesuaian data anggota TNI/POLRI, BPJS Kesehatan cabang Tanjungpinang melaksanakan pemutakhiran data peserta segmen TNI/POLRI di wilayah Kabupaten Bintan dan Kota Tanjungpinang di ruang rapat BPJS Kesehatan cabang Tanjungpinang pada hari Selasa (27/11/2018).

“Pemutakhiran data peserta segmen TNI/POLRI merupakan salah satu langkah BPJS Kesehatan cabang Tanjungpinang untuk meningkatkan validitas data serta kesesuaian data anggota TNI/POLRI di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang,” ungkap Wan Effi Yulisna, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta (KPP) BPJS Kesehatan cabang Tanjungpinang.

Pemutakhiran data ini mengundang dua orang personel atau nggota perwakilan dari instansi TNI/POLRI yang mengelola data anggota dan data yang akan direkon adalah data Mei 2018 sampai dengan November 2018.

Pada kesempatan ini, Wan Effi berharap agar seluruh TNI/POLRI di wilayah Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan memiliki Kartu Indonesia Sehat serta memahami prosedur pelayanan sehingga manfaat program JKN-KIS dapat dirasakan dengan baik.

“Dalam setiap sosialisasi, kami selalu memastikan setiap peserta JKN-KIS dapat memahami hak dan kewajibannya sebagai peserta JKN-KIS serta prosedur pelayanan, agar tidak ada lagi kendala dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan yang disebabkan oleh ketidaktahuan peserta itu sendiri,” tutur Wan Effi.

Dia menambahkan pemutakhiran data peserta segmen TNI/POLRI ini secara rutin dilaksanakan. Selain untuk kepentingan pemenuhan hak dan kewajiban masing-masing instansi, juga untuk mendorong peningkatan mutu layanan kepada peserta JKN-KIS.

Adapun wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang adalah Kota Tanjungpinang, Kabupaten Bintan, Kabupaten Natuna, Kabupaten Lingga dan Kabupaten Kepulauan Anambas.

Per 1 Oktober 2018 total peserta JKN-KIS masing-masing Kota/Kabupaten tersebut adalah 175.057peserta untuk Kota Tanjungpinang, 108.185 peserta untuk wilayah Kabupaten Bintan, 45.594 peserta untuk wilayah Kabupaten Lingga, 35.224 peserta untuk wilayah Kabupaten Natuna dan 47.092 peserta untuk wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas. (*)

Penulis: Thom Limahekin
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved