Pejabat Militernya Dituding Tembak Malaysia Airlines MH17, Ini Reaksi Rusia

Tuduhan yang benar-benar tidak berdasar dilakukan terhadap pihak Rusia, yang bertujuan mendiskreditkan Federasi Rusia di mata masyarakat internasional

Pejabat Militernya Dituding Tembak Malaysia Airlines MH17, Ini Reaksi Rusia
AFP
Tim Penyelidik Internasional merilis empat tersangka yang diduga bertanggung jawab menembak Malaysia Airl;ines MH17. Keempatnya adalah Igor Gerkin, Sergey Dubinsky, Oieg Pulatov asal Rusia dan Leonid Kharchenko asal Ukraine. Keempatnya diketahui pejabat militer Rusia dan intelijen 

TRIBUNBATAM.ID, MOSKOW - Hasil investigasi tim internasional terkait jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 di perbatasan Rusia Ukraina menyebutkan bahwa tiga pejabat militer Rusia dan satu dari Ukraina bertanggung jawab atas kecelakaan itu.

Keempatnya adalah orang yang merancang penembakan Malaysia Airlines MH17 penerbangan Belanda menuju Kuala Lumpur tersebut, 17 Juli 2014.

Pernyataan resmi yang berlangsung di Belanda itu langsung mendapatkan reaksi dari Moskow.

3 Pejabat Militer Rusia dan 1 WN Ukraina Rancang Penembakan Malaysia Airlines, Keluarga Tuduh Putin

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan bahwa mereka menyesalkan temuan investigasi kecelakaan Malaysia Airlines MH17 dan menyebut tuduhan pembunuhan terhadap tersangka Rusia tidak berdasar.

"Sekali lagi, tuduhan yang benar-benar tidak berdasar dilakukan terhadap pihak Rusia, yang bertujuan mendiskreditkan Federasi Rusia di mata masyarakat internasional," kata Kementerian Luar Negeri Rusia di situs webnya, seperti dilansir TribunBatam.id dari Reuters.

Tentu saja sikap Rusia ini akan mempersulit persidangan keempat orang tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnnya, tim investigasi gabungan yang dibentuk oleh Australia, Belgia, Malaysia, Belanda dan Ukraina menemukan fakta bahwa pesawat itu sengaja ditembak jatuh oleh rudal Rusia.

Tim investigasi internasional yang dipimpin Belanda ditugaskan untuk menyelidiki kasus penembakan tersebut.

 Ditanya Soal Maju Lagi dengan Amsakar, Rudi Enggan Jawab, Apakah Berpotensi Maju Sendiri-sendiri?

 Anang Hermansyah Buka Anang Family Karaoke di Batam, Intip Tempat Karaoke Suami Ashanty Ini

 Curi Uang Artis dan Politisi Golkar Raja Yunika Putri, Aktor Singapura Ditahan Polisi

Empat orang yang bertanggung jawab itu adalah Sergey Dubinsky, Oleg Pulatov dan Igor Girkin dari Rusia dan Leonid Kharchenko Ukraina.

Dilansir TribunBatam.id dari Reuters, surat perintah penangkapan internasional untuk keempatnya telah dikeluarkan.

Namun, para tersangka kemungkinan akan diadili secara in absentia di pengadilan internasional, karena Rusia belum bekerja sama dengan investigasi dan diperkirakan tidak akan menyerahkan siapa pun.

Halaman
1234
Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved