BATAM TERKINI

Cerita Istri Abubakar, Nelayan “Penyuap” Gubernur, Mohon Suami Disidang di Pinang Bukan Jakarta (4)

Suriana "Ria" binti Laama (32) istri Abu Bakar bin Kasim (38) berharap suaminya bisa disidang di Tanjungpinang saja bukan di Jakarta.

Cerita Istri Abubakar, Nelayan “Penyuap” Gubernur, Mohon Suami Disidang di Pinang Bukan Jakarta (4)
TRIBUNBATAM.id/ZABUR ANJASFIANTO
Suriana bersama ayahnya Laama saat ditemui Tribunbatam.id di kediamannya di Pulau Panjang, Minggu (29/7/2019) 

“Wak, tolong tanya ke pengacara Wak Din (Nurdin Basirun, Gubernur Kepri), apakah bisa Bang Abu disidang saja di (Tanjung) Pinang. Jangan di Jakarta, supaya kami bisa hadir."

SEPERTI warga Pulau Panjang kebanyakan, Suriana "Ria" binti Laama (32), juga belum habis pikir, apa gerangan yang membuat suaminya, Abu Bakar bin Kasim (38), nekat melanggar hukum.

Menjadi "kurir" uang senilai Rp 94 juta, yang membuat ayah 2 anak itu terjaring OTT KPK di Tanjungpinang, juga tak masuk diakalnya.

Dari mana dapat uang sebanyak itu, juga tak pernah terlintas di pikiran wanita yang hanya sekolah sampai kelas 6 SD Inpres Pulau Panjang itu.

Penghasilan sebagai nelayan dan menjual jasa pengantaran pemancing, juga hanya cukup untuk membiayai hidup hingga sepekan. "Kalau hari ini dapat Rp 300 rebu, mungkin lusa baru tangkap ikan lagi, ya kalau angin laut baik," kata Ria.

Seperti nelayan tradisional di pesisir atau gugusan pulau di Nusantara, penghasilan sebagai nelayan masih tergantung dengan alam.

Kapal yang sehari-hari digunakan Abubakar melaut, hanya bisa menampung 500 kg hingga 1 ton ikan.

Kapasitas mesin tempel kapal kayu itu juga cuma 15 Pk. Atau jika tak membawa "minyak" bensin cadangan, wilayah jelajah pencarian ikan maksimal 45 mil laut.

"Waktu minyak masih subsidi, kita bisa jalan dua hari, sekarang pergi pagi pulang sore, sudah jauh sekali," ujar Awang (62), paman Abu Bakar, salah satu nelayan senior di Pulau Panjang, Kelurahan Sijantung, Kecamatan Galang, tenggara Kota Batam.

INGAT! Jual Beli Tanah di Batam Tanpa Izin BP Batam Melanggar Aturan

DETIK-DETIK Bayi Diselamatkan dari Dalam Daihatsu Sigra Tertimpa Truk, Sang Ibu Tewas Mengenaskan

Garuda Indonesia Buka Penerbangan Batam ke Beijing Tiap Selasa dan Kamis

Saat Tribun diperkenankan masuk ke rumah keluarga Abubakar, di ruang tamu tak banyak barang kategori "wah".

Halaman
123
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved