Buntut Pemadaman Listrik, Fadli Zon Dorong PLN Diaudit: Ini Persoalan Kedaulatan Energi

Buntut Pemadaman Listrik, Fadli Zon Dorong PLN Diaudit: Ini Persoalan Kedaulatan Energi

Buntut Pemadaman Listrik, Fadli Zon Dorong PLN Diaudit: Ini Persoalan Kedaulatan Energi
Youtube Indonesia Lawyer Club
Buntut Pemadaman Listrik, Fadli Zon Dorong PLN Diaudit: Ini Persoalan Kedaulatan Energi 

Buntut Pemadaman Listrik, Fadli Zon Dorong PLN Diaudit: Ini Persoalan Kedaulatan Energi

TRIBUNBATAM.id - Wakil Ketua DPR Fadli Zon mendorong agar ada proses audit untuk Perusahaan Listrik Negara (PLN) setelah adanya insiden mati listrik massal di sejumlah daerah di Pulau Jawa pada Minggu (4/8/2019).

Meski demikian, tidak mungkin pihak PLN sendiri yang melakukan penyelidikan atau investigasi, sehingga Fadli Zon mempertanyakan siapa pihak yang berhak menginvestigasi PLN.

Hal tersebut diungkapkan Fadli Zon dalam tayangan unggahan kanal YouTube Indonesia Lawyers Club, Selasa (6/8/2019).

Dalam pernyataannya, Fadli Zon menegaskan dirinya tidak memerlukan penjelasan teknis bagaimana listrik bisa mati secara tiba-tiba dan berkepanjangan seperti dalam kuliah elektro.

"Jadi, jelas ini adalah satu hal yang menurut saya tidak bisa diceritakan seperti dongeng tentang teori-teori elektro, yang menurut saya mungkin itu cocoklah kalau ada di bangku-bangku perkuliahan," kata Fadli Zon.

Fadli Zon menyayangkan bagaimana bisa negara yang mengusung Revolusi Industri 4.0 bisa tak berdaya menghadapi peristiwa mati lampu.

"Yang jelas kita ini negara G20, yang selalu menggembar-gemborkan Revolusi Industri 4.0. Tetapi mengatasi persoalan pemadaman massal ini kita seperti tidak berdaya," ucap Fadli Zon.

Menurutnya, ketidakberdayaan negara dalam menangani masalah ini menunjukkan kerapuhan dalam persoalan energi dan persoalan lain yang terkait.

"Dan ini menurut saya, menunjukkan kerapuhan kita sebagai sebuah negara di dalam persoalan energi, persoalan kedaulatan energi, dan persoalan-persoalan yang terkait dengannya," ujarnya.

Bagi Fadli Zon, tidak seharusnya yang disorot malah hal-hal kecil seperti pohon sengon yang sempat disebut sebagai penyebab lompatan aliran listrik sehingga terjadi pemadaman.

"Ini kita harus dilihat dalam satu big picture, satu gambaran yang lebih besar, jangan melihat itu dalam satu gambaran yang kecil dan mencari-cari, mengkriminalisasi pohon sengon, dan sebagainya," kata Fadli Zon.

Fadli Zon dalam tayangan Indonesia Lawyers Club.
Fadli Zon dalam tayangan Indonesia Lawyers Club. (YouTube Indonesia Lawyers Club)

Menurutnya, kebutuhan pangan, BBM, serta listrik merupakan kebutuhan dasar masyarakat yang seharusnya tidak ada lagi masalah fatal yang terjadi.

Halaman
12
Editor: Danang Setiawan
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved