BEASISWA KULIAH

Kerja Sama Uni Eropa dan ASEAN, Berikan Beasiswa 5.500 Mahasiswa Asia Tenggara

ASEAN dan Uni Eropa mengadakan kerja sama bidang pendidikan yakni ASEAN-EU Cooperation and Scholarships Day yang berikan beasiswa ke 5.500 mahasiswa

Kerja Sama Uni Eropa dan ASEAN, Berikan Beasiswa 5.500 Mahasiswa Asia Tenggara
KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA
Kerja sama pendidikan antara Uni Eropa dan ASEAN 

TRIBUNBATAM.idAssociation of Southeast Asian Nations (ASEAN) dan Uni Eropa (European Union/EU) telah menjalin kerja sama selama lebih dari puluhan tahun.

Mulai dari bidang penanggulangan pertahanan dan Keamanan, kejahatan trans-nasional, Perikanan, Hak Asasi Manusia, politik, Kemaritiman, Perekonomian, dan pertanian sudah dijalankan antara ASEAN dan EU.

Sementara itu untuk bidang pendidikan khususnya pendidikan tinggi, ada kerja sama berupa ASEAN-EU Cooperation and Scholarships Day.

Segera Daftar, Beasiswa S1 EU SHARE Untuk Mahasiswa ASEAN di 42 Perguruan Tinggi

Kamu Ingin Kuliah di Kanada? Inilah Program Beasiswa di University of Toronto

Mau Kuliah di Amerika Serikat? Ikuti 3 Tips Ini Untuk Dapatkan Beasiswa YES 2019

Lolos Program Beasiswa YES 2019, 80 Pelajar Indonesia Siap ke Amerika Serikat

Segera Daftar, Program Beasiswa Lister Indonesia Untuk Mahasiswa dan Youtuber

Kerja sama ini terlaksana dalam bentuk pemberian beasiswa sejak 2014 oleh Uni Eropa dan negara-negara anggotanya kepada lebih dari 5.500 mahasiswa dan tenaga pendidik dari ASEAN untuk menjalani pendidikan di Eropa.

Tidak hanya itu, hampir sebanyak 3.000 mahasiswa dan tenaga pendidik telah menerima beasiswa untuk belajar ataupun bekerja di berbagai negara anggota ASEAN.

Program beasiswa Uni Eropa-ASEAN “Kami mengundang pelajar ASEAN untuk belajar di Eropa melalui program beasiswa.

Kami memfasilitasi mereka agar bisa menempuh pendidikan yang lebih tinggi di sana,” ucap Kuasa Usaha Ad Interim Misi Uni Eropa untuk ASEAN Lucas Cibor saat ditemui di kantor Sekretariat ASEAN, Jakarta, Kamis (8/8/2019).

Di samping itu, Uni Eropa juga sudah memberikan lebih dari 591 beasiswa melalui program European Union Support to Higher Education in the ASEAN Region (EU SHARE) untuk menjalani studi dalam waktu singkat di 42 perguruan tinggi pilihan, terdiri dari 32 kampus di ASEAN dan 10 kampus di Eropa.

Ada pula Forum Mobilitas Mahasiswa ASEAN yang telah dilaksanakan kepada 330 mahasiswa dari semua negara anggota ASEAN untuk mendiskusikan berbagai isu penting tentang mobilitas mahasiswa.

Sebaliknya, sejumlah negara anggota ASEAN pun memberikan program beasiswa, baik yang dibiayai publik maupun swasta.

Halaman
12
Editor: Putri Larasati Anggiawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved