VIDEO-Kemarau Panjang 6 - 8 Bulan Landa Pulau Jemaja Anambas, Warga Sampai Salat Istisqa

Kemarau panjang melanda warga Pulau Jemaja Kabupaten Kepulauan Anambas selama 6 - 8 bulan terakhir. Warga sampai menggelar salat istisqa.

TRIBUNBATAM.id, ‎ANAMBAS - Warga Pulau Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan (Riau) menggelar salat minta hujan istisqa.

Salat minta hujan ini digelar di lapangan sepak bola Letung, Kecamatan Jemaja Rabu (21/8/2019) sekitar pukul 07.00 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Salat minta hujan ini digelar setelah ada rapat yang dilakukan tanggal 14 Agustus 2019‎.

Dalam rapat yang berlangsung di Kantor Camat Jemaja ini, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA), Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM), Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI), Kepala Desa/Lurah dan pengurus masjid se-Kecamatan Jemaja memutuskan untuk menggelar salat ini.

 Kemarau Panjang Landa Anambas, Warga Kesulitan Air, Bupati Anambas Abdul Haris Gelar Zikir Akbar

 Agustus hingga September Puncak Kemarau Panjang, Bagaimana di Kepri?

 Alami Kemarau Panjang, Masyarakat Gelar Salat Istisqa di Halaman Mapolres Tanjungpinang

 Kemarau Panjang, Lahan di Tanjungpinang Kembali Terbakar, Polisi Langsung Lidik

"Iya, sekitar pukul 7 pagi tadi di lapangan sepak bola Letung," ujar Camat Jemaja, Abdullah Sani saat dihubungi melalui sambungan seluler, Rabu (21/8/2019) siang.

Pelaksanaan salat istisqa ini hanya dilakukan di satu titik saja.

Warga antre untuk mendapatkan air bersih di Desa Tarempa Barat, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepri. Tribun/istimewa.
Warga antre untuk mendapatkan air bersih di Desa Tarempa Barat, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepri. Tribun/istimewa. (TRIBUNBATAM.id/Septyan Mulia Rohman)

Sedangkan Muhammad Qosim, warga Pulau Jemaja mengatakan, kemarau berkepanjangan sudah terjadi hampir 6 hingga 8 bulan terakhir.

Setidaknya terdapat 2 sumber air yang menjadi andalan warga Pulau Jemaja.

Sumber air dari Darpit di Desa Bukit Padi, Kecamatan Jemaja Timur dan sumber air di atas Gunung Letung.

 Simak Yuk! Ini Daftar 6 Kuliner Esktrem di Vietnam, Sajikan Embrio Bebek Rebus

 Mengenal Sosok Nabilla Aprillya, Mantan Atta Halilintar dan Artis Bigo Live

 Heboh Mobil Goyang di Depan Toko, Pasangan Remaja Digrebek Diduga Lakukan Hubungan Suami Istri

 Demo Disebut Bisa Picu Perusahaan Hengkang, Ini Kata Pekerja dan DPRD

Krisis air di Kabupaten Anambas, Provinsi Kepulauan Riau membuat warga harus mengantre dengan menjejerkan jerigen di dekat bak penampungan air sehingga bisa mendapatkan air bersih.
Krisis air di Kabupaten Anambas, Provinsi Kepulauan Riau membuat warga harus mengantre dengan menjejerkan jerigen di dekat bak penampungan air sehingga bisa mendapatkan air bersih. (TRIBUNBATAM.id/Septyan Mulia Rohman)

‎"Mudah-mudahan dengan salat ini kita bermohon kepada Allah semoga hujan turun di Pulau Jemaja dan Anambas pada umumnya," ungkap Muhammad Qosim.

Tidak hanya di Pulau Jemaja, salat istisqa bakal dilakukan di Pulau Siantan. ‎

Bersama Kementrian Agama Republik Indonesia, Pemerintah Daerah menjadwalkan pelaksanaan salat ini di Halaman MTs Fatahillah, Kecamatan Siantan, Kamis (22/8/2019) pukul 07.00 WIB. (TRIBUNBATAM.id/Septyan Mulia Rohman)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Wahyuindrian
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved