Kernel Oil, Perusahaan Singapura Kembali Terungkap Terlibat Mafia Migas dengan Eks Bos Petral

Bambang diduga menerima suap US$2,9 juta dari Kernel Oil Pte.Ltd, sebuah perusahaan pengangkutan migas raksasa yang berbasis di Singapura.

Kernel Oil, Perusahaan Singapura Kembali Terungkap Terlibat Mafia Migas dengan Eks Bos Petral
Kompas TV/Repro
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Laode M Syarif 

TRIBUNBATAM.ID, JAKARTA - Memberantas mafia migas di Indonesia memang tidak mudah. 

Salah satu perusahaan yang dulu terkenal sebagai pemain dalam mafia migas, Petral, dibekukan oleh Presiden Jokowi di awal pemerintahannya.

Terbaru, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan tersangka mantan Direktur Utama Petral, Bambang Irianto atas statusnya sebagai Managing Director Pertamina Energy Service Pte. Ltd (PES) periode 2009-2013.

Bambang sendiri, setelah menjabat Dirut PES kemudian menjadi Dirut Petral pada tahun 2015 yang disebut-sebut sebagai otak mafia migas di Indonesia.

Petral Bubar, Mantan Dirutnya Masih Terlibat Mafia Migas, Terima Suap Rp 40.6 Miliar

Rumor 3 Demonstran Hong Kong Tewas Terus Meluas. Otoritas Keretaapi Akhirnya Rilis CCTV Stasiun

Kondisi Terkini BJ Habibie di RSPAD Gatot Soebroto, Hoaks Kabar Meninggal Dunia

Perusahaan yang berkedudukan di Singapura ini menjadi makelar atas perdagangan minyak Indonesia antara Pertamina dengan pembeli untuk ekspor dan juga calo impor minyak.

Meskipun tidak ada pengusutan terhadap bos-bos Petral serta aliran dananya, namun jaringan mafia migas ini sepertinya masih kuat, terbukti dari kasus Bambang.

Bambang diduga menerima suap US$2,9 juta dari Kernel Oil Pte.Ltd, sebuah perusahaan pengangkutan migas raksasa yang berbasis di Singapura.

Asal tahu saja, ini bukan kali pertama Kernel Oil terlibat korupsi di Indonesia.

Tahun 2013, KPK juga melakukan OTT Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Rudi Rubiandini karena menerima suap dari perjabat Kernel Oil ini.

Businessweek menyebutkan perusahaan ini menjadi perusahaan incorporated pada 2006. Kernel Oil Pte Ltd dicatat memiliki anak perusahaan di tiga negara, yaitu Indonesia, Thailand, dan Australia.

Halaman
1234
Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved