Lanal Tarempa Tangkap Nelayan Asing Asal Vietnam, Curi Ikan di Perairan Indonesia

KRI Cut Nyak Dien(CND) – 375 yang bersandar di dermaga Pelni Tarempa, menyerahkan 1 Kapal Ikan Asing (KIA) berbendera Vietnam beserta 5 Abk kepada Lan

Lanal Tarempa Tangkap Nelayan Asing Asal Vietnam, Curi Ikan di Perairan Indonesia
TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA
Nelayan asing asal vietnam ditangkap karena mencuri ikan di perairan Indonesia 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - KRI Cut Nyak Dien(CND) – 375 yang bersandar di dermaga Pelni Tarempa, menyerahkan 1 Kapal Ikan Asing (KIA) berbendera Vietnam beserta 5 Abk kepada Lanal Tarempa.

Tangkapan dari KRI CND – 375, penyerahan Kapal KIA dari KRI CND kepada Lanal Tarempa ini berlangsung di Gladak milik KRI CND, pada Kamis sore (12/9/2019).

Serah terima tersebut dihadiri langsung oleh Danlanal Tarempa Letkol Laut (P) Nur Rochmad Ibrohim, Dan KRI CND – 375 Letkol Laut (P) Amin Wibowo, Palaksa KRI CND – 375, Pasops Lanal Tarempa, Pasintel Lanal Tarempa, Kadepops KRI CND - 375, dan Paurlid Sintel Lanal Tarempa.

First Media Gelar Kompetisi First Warriors, Bakal Dibuka di Kota Batam

Letkol Laut (P) Nur Rochmad Ibrohim, S.T.M.Si Komandan Lanal Tarempa mengatakankan  terkait serah terima terhadap 1 KIA berbendera Vietnam Tangkapan KRI CND - 375 sebagai berikut.

"Penegakan hukum yang dilaksanakan oleh Unsur TNI AL di seluruh wilayah perairan kedaulatan Republik Indonesia pada setiap Kapal Asing Baik Kapal Ikan Asing atau kapal asing lainnya yang memasuki perairan kedaulatan Republik Indonesia tanpa dilengkapi dokumen yang lengkap atau melakukan pelanggaran apapun tidak ada tebang pilih semua akan di periksa, ditangkap dan diproses," ujar Nur Rochmad Ibrohim.

Korban Kebakaran di Batuaji Tidur di Tenda Pengungsian, Ada 5 Tenda Didirikan Tim Tagana

Dari data yang diperoleh, KIA asal Vietnam yang di tangkap oleh KRI CDN sebagai berikut Nama TFA 063, Bendera Vietnam, Tonage ±42.71 GT, Nahkoda  Bui Van Ngo, jenis kelamin Laki-laki, Warga Negara Vietnam, dengan jumlah Abk  4 Warga Negara Vietnam, Waktu tangkap Hari Rabu tanggal 11 September 2019 Pukul 14.35 Wib.

Pelanggaran KIA diduga melakukan pencurian ikan secara illegal tanpa dilengkapi surat surat kapal  di wilayah ZEEI melanggar UU Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perikanan, Pasal 27 ayat 2, Pasal 35 A ayat 2 Jo Pasal 93 ayat 2,4 Mengenai Kapal Ikan Asing. 

Kabut Asap Kembali Serbu Malaysia, Mahathir Akan Surati Presiden Jokowi

1 KIA asal Vietnam beserta 5 Abk telah  diserahkan oleh KRI CND - 375 kepada Lanal Tarempa untuk proses hukum selanjutnya.(tribunbatam.id/ Rahma Tika)

Penulis: Rahma Tika
Editor: Eko Setiawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved