BATAM TERKINI

Jadi Destinasi Wisata Religi Batam, Ini Gambaran Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah

Masjid Agung Sultan Mahmud Riayat Syah hadir sebagai destinasi wisata religi di Kota Batam. Lokasinya di Tanjunguncang, memiliki luas 57.144 m2.

Jadi Destinasi Wisata Religi Batam, Ini Gambaran Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah
istimewa
foto terkait Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah di Batam. Masjid ini menjadi salah satu destinasi wisata religi. Bangunan masjid mengadopsi bangunan masjid di Turki dan Arab Saudi 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Masjid Agung Sultan Mahmud Riayat Syah hadir sebagai destinasi wisata religi di Kota Batam. Berlokasi di Tanjunguncang, Batuaji, masjid seluas 57.144 meter persegi ini menyuguhkan nuansa syahdu melalui pilihan warna dominan putih.

Pengunjung bisa menikmati suasana sejuk di dalam masjid yang ruang shalat utamanya tak bertiang ini. Atau duduk di pelataran dengan bernaungkan payung membran.

Ruang salat utama berukuran 63x63 meter. Dengan kubah utama berdiameter 46 meter dan ketinggian 41 meter. Sedangkan area payung membran memiliki luas 5.832 meter persegi.

Wisatawan juga bisa melihat Batam dari ketinggian. Naik ke menara pandang dengan menggunakan lift. Menara utama masjid ini berdiri kokoh dengan tinggi 99 meter.

Pendirian masjid berkapasitas 25.000 jemaah ini atas inisiasi Wali kota Batam, Muhammad Rudi. Masjid ini dibangun sejak 2017 akhir. Dan diresmikan pada September 2019.

Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah Batam Bakal Miliki 5 Menara Setinggi 77 Meter

JADI Destinasi Wisata, Begini Cara Non Muslim Masuk Kawasan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah Batam



Mengabadikan nama pahlawan nasional asal Provinsi Kepulauan Riau. Niat awal pembangunan masjid adalah untuk menyediakan tempat ibadah berkapasitas besar bagi pekerja dan masyarakat di kawasan Tanjunguncang.

Namun dalam perjalanannya, masjid ini kemudian dikembangkan sebagai objek wisata religi. Sejalan dengan arah pembangunan Kota Batam di lima tahun kepemimpinan Muhammad Rudi-Amsakar Achmad, 2016-2021.

Konsep masjid-masjid Turki dan Arab Saudi diadopsi dalam desain Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah. Meski tidak meninggalkan nuansa melayu sebagai pilar utama adat budaya di Kota Batam.

Kisah di Balik Nama Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah & Impian Rudi Membangun Masjid Terbesar

foto terkait Masjid Sultan Mahmud Riayah Syah di Batam
foto terkait Masjid Sultan Mahmud Riayah Syah di Batam (istimewa)

 

foto terkait Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah di Batam. Masjid ini memiliki payung membran seperti masjid di Madinah
foto terkait Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah di Batam. Masjid ini memiliki payung membran seperti masjid di Madinah (istimewa)
foto terkait Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah di Batam. Masjid ini menjadi salah satu destinasi wisata religi. Bangunan masjid mengadopsi bangunan masjid di Turki dan Arab Saudi
foto terkait Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah di Batam. Masjid ini menjadi salah satu destinasi wisata religi. Bangunan masjid mengadopsi bangunan masjid di Turki dan Arab Saudi (istimewa)

 

Untuk menjangkau masjid ini tidaklah sulit. Bisa menggunakan transportasi umum maupun sewa khusus. Dari Pelabuhan Batam Centre bisa memilih transportasi umum Trans Batam atau busway. Bus tersedia setiap 20 menit.

Jarak tempuh sekitar 26 km. Begitu juga untuk wisatawan yang datang dari Pelabuhan Sekupang. Dapat naik Trans Batam dengan jarak tempuh 16 km. Bus rute Sekupang-Tanjunguncang tersedia setiap 30 menit.

(*/tribunbatam.id/dewiharyati)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved