ANAMBAS TERKINI

Kemendagri Gelar Sosialisasi di Anambas, Optimalkan Kesadaran Nilai Pancasila

Kemendagri menggelar sosialisasi Pedoman Pendidikan Wawasan Kebangsaan di Anambas. Tujuannya untuk mengoptimalkan kesadaran akan nilai Pancasila

Kemendagri Gelar Sosialisasi di Anambas, Optimalkan Kesadaran Nilai Pancasila
tribunbatam.id/ rahma tika
Kemendagri mengadakan sosialisasi PPWK di Anambas

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Sosialisasi Permendagri Nomor 71 tahun 2012 tentang Pedoman Pendidikan Wawasan Kebangsaan diadakan di Aula lantai 2 Anambas Inn. Sasarannya anggota PPWK (Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan) di Anambas.

Sosialisasi bertujuan untuk mengoptimalkan kesadaran terhadap nilai Pancasila. Sebelumnya, pembentukan PPWK di Kabupaten Kepulauan Anambas sudah diusulkan sejak tahun 2012. Namun baru terealisasi di tahun 2019.

Dalam kesempatan itu, Kepala Seksi Politik Kebangsaan Yodi Indrawan mewakili Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memaparkan terkait masalah karakter kebangsaan yang dihadapi bangsa Indonesia.

"Yang kita hadapi saat ini mengenai krisis budaya yang terlihat dengan menurunnya moral generasi bangsa, seperti kasus LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender). Menurut saya LGBT ini salah. LGBT secara mendasar menurunkan standar moral dan standar akhlak," ucap Yodi, Selasa (12/11/2019).

Diduga Lama Memendam Cinta, Pemuda Pengangguran di Batam Rudapaksa Seorang Janda

Jalan Lintas Barat Bintan Rawan Kecelakaan, Warga Minta Perhatian Pemerintah




Ia juga menyebutkan bahwa Kabupaten Kepulauan Anambas ini memiliki potensi masyarakat yang ramah, tinggal dikembangkan saja. Sebab ia melihat bahawa Anambas punya kearifan sosial yang baik.

"Pemerintah Daerah wajib hukumnya untuk menyelenggarakan PPWK. Untuk melaksanakan PPWK, Kepala Daerah membentuk Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) yang kepengurusannya terdiri dari instansi vertikal, unsur pemerintah daerah, dan unsur masyarakat,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Bakesbangpol Anambas, Saharudin menyampaikan maksud dan tujuan pembentukan Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) periode 2019 -2023, terbentuknya PPWK dan terlaksananya sosialisasi empat pilar kebangsaan di Kabupaten Kepulauan Anambas. 

SP3 Bobby Jayanto, Kajari Ahelya: Kita Sedang Cek Apa Dasar Polres Tanjungpinang

Hore, Kepengurusan Korpri Anambas Terbentuk, Pegawai Punya Tempat untuk Mengadu

Sementara itu, kebijakan Kemendagri dalam program peningkatan bela negara dilakukan dalam rangka menanamkan sikap dan perilaku cinta tanah air bagi setiap WNI dan rela berkorban bagi bangsa dan negara sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar Tahun 1945. 

(tribunbatam.id/Rahma Tika)

Penulis: Rahma Tika
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved