TANJUNGPINANG TERKINI

Ini 5 Rekomendasi Hasil Konferensi Nasional Pilkada 2020 di Jakarta

Ketua Bawaslu Tanjungpinang Muhamad Zaini menegaskan, Konferensi Nasional ini sebagai refleksi Pemilu 2019, sekaligus menjadi spirit

Ini 5 Rekomendasi Hasil Konferensi Nasional Pilkada 2020 di Jakarta
istimewa
Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhamad Zaini bersama Ketua Bawaslu RI Abhan dan Komisioner Bawaslu Kab/Kota lainnya, dalam acara Konferensi Nasional Pemilu 2019 di Jakarta 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG - Dalam rangka menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) 2020, Bawaslu Kota Tanjungpinang menghadiri Konferensi Nasional Pengawasan, dan Penegakan Keadilan Pemilu 2019.

Kegiatan digelar oleh Bawaslu Republik Indonesia, dengan narasumber dari para Pakar Kepemiluan, Hukum dan Politik, di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta.

Acara dimulai sejak 5 hingga 7 Desember 2019.

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhamad Zaini menegaskan, Konferensi Nasional ini sebagai refleksi Pemilu 2019, sekaligus menjadi spirit dalam menghadapi Pilkada 2020.

"Berbagai dimensi yang didiskusikan, diantaranya terkait kelembagaan Bawaslu, partisipasi pemilih, hak politik, kampanye, penegakan hukum dan pungut hitung, Indeks Kerawanan Pemilu," jelas Zaini yang juga Koordiator Divisi Pencegahan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga.

Komisioner Bawaslu Dicopot, Karena Sentuh Bagian Tubuh Sensitif Staf Saat Perjalanan DLK

 

Melalui konferensi ini, semakin meneguhkan Bawaslu sebagai lembaga pengawas pemilu berbasis riset, serta mendorong jajaran di bawahnya untuk senantiasa melakukan dokumentasi, kajian dan analisis terhadap perencanaan, evaluasi sekaligus mengabadikan kerja-kerja pencegahan, pengawasan dan penindakan.

Seperti melakukan pemetaan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) dalam menyongsong Pilkada 2020.

Disebutkannya, karena aktivitas ini dituntut penuh dengan perencanaan, serta penilaian angka, data, dan penelitian, agar pengawasan terencana dengan baik dan mampu mencegah potensi kerawanan Pemilu.

"Insya Allah Bawaslu Kota Tanjungpinang siap mengawal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang demokratis, bermartabat dan bersih," tegas Zaini.

Dalam konferensi tersebut, Komisioner Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau Idris, juga menyampaikan evaluasi dan strategi dalam membangun pengawasan partisipatif pada pemilu 2019.

Sementara itu, Ketua Bawaslu RI Abhan, menjelaskan, Konferensi Nasional Pengawasan dan Penegakan Keadilan Pemilu 2019 yang menghasilkan lima poin rekomendasi.

"Hasil evaluasi ini dilakukan untuk mendukung terciptanya iklim pemilu yang demokratis dan berintegritas di masa mendatang," ujarnya.

Lima rekomenasi evaluasi tersebut pun semakin meneguhkan eksistensi Bawaslu sebagai lembaga yang melakukan aktivitas berdasarkan penelitian.

Minim Peminat, Bawaslu Anambas Perpanjang Masa Pendaftaran Panwascam Kawal Pilkada Anambas 2020

Halaman
12
Penulis: Endra Kaputra
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved