ANAMBAS TERKINI

Kembangkan Layanan 4G LTE di Anambas, Ini yang Dilakukan Pemerintah Daerah

Japrizal mengatakan, beroperasinya Palapa Ring Barat sebagai jaringan tulang punggung di Anambas, sudah dapat memenuhi kebutuhan akses internet warga

Kembangkan Layanan 4G LTE di Anambas, Ini yang Dilakukan Pemerintah Daerah
istimewa
Rapat kegiatan yang berlangsung di Gedung Telkom Indonesia,Telkom Landmark Tower lt. 12, Jl. Gatot Subroto, Jakarta Selatan 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Jaringan Backbone Palapa Ring Barat di Tarempa kini sudah beroperasi.

Hal itu untuk pemenuhan telekomunikasi di Kabupaten Kepulauan Anambas, sebagai daerah terdepan dan terluar. 

Backbone Palapa Ring ini merupakan program pemerintah sebagai langkah pemenuhan peningkatan layanan kepada masyarakat.

Termasuk untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dalam mengimplementasikan Sistem Penyelenggaraan Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE).

Baru-baru ini, pemerintah daerah didampingi anggota DPRD Anambas berkunjung untuk diskusi di Lab Smart City Nusantara Telkom di Gunung Sahari dan diteruskan ke Kantor Pusat Telkom Indonesia di Jakarta.

Tepatnya pada Senin (9/12/2019) lalu.

Asyik, Ada Layanan Upgrade 4G dari Telkomsel untuk Warga Anambas

Ada beberapa pembahasan yang dipaparkan saat kunjungan itu. Diantaranya mengenai kebutuhan perluasan akses komunikasi dan aksesibilitas internet di Kepulauan Anambas.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Statistik Kabupaten Kepulauan Anambas, Japrizal mengatakan dengan telah beroperasinya PRB sebagai jaringan tulang punggung sudah dapat memenuhi kebutuhan akses internet.

"Dengan sudah adanya penyediaan layanan Indihome, saat ini mengembangkan layanan 4G sampai ke Palmatak.

Namun, kebutuhan layanan tersebut belum cukup, sebab masih ada kecamatan lain yang belum mendapatkan akses internet yang baik," kata Japrizal, Kamis (12/12/2019).

Diketahui, masih ada pulau besar yang belum mendapatkan layanan internet dengan baik, seperti di Kecamatan Palmatak, yakni Desa Matak, Payamaram, Payalaman, Batu Ampar hingga Putik.

Palapa Ring Barat Sudah Masuk Anambas, Tapi Kok Warga Masih Keluhkan Soal Susah Sinyal

Japrizal pun membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan, di wilayah tersebut ada obyek vital bandara khusus konsorsium oil yang mengeksploitasi sumber daya alam.

Namun sayangnya daerah itu belum mendapatkan akses internet dengan baik, apalagi sinyal dengan kualitas 4G LTE.

PT Moratelindo sedang membangun tower BTS di Kecamatan Palmatak dan Kecamatan Jemaja.

Sehingga kedepannya kerjasama antara Moratelindo dengan Telkom group untuk memperluas jaringan 4G LTE.

Menanggapi hal tersebut Vice Presidential Network dan Infrastructure Solution, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Persero), Bastian Sembiring menyampaikan akan menerima masukan dan saran dari pemerintah daerah Kepulauan Anambas.

"Atas kerjasamanya dengan Moratel, kami akan melakukan pertemuan. Awal tahun 2020 Telkomsel akan melakukan penarikan optik dan akan mengembangkan sinyal dari Antang dan secara perlahan akan ke Palmatak," paparnya.

Adapun yang hadir pada rapat tersebut yaitu, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kepri Zulhendri, Ketua Komisi II DPRD Anambas Adnan Nala, Wakil Ketua Jasril Jamal dan Yulius, serta Sekretaris Komisi III Mulyadi, Kepala Dinas Kominfo Anambas Japrizal, Kepala Bidang Seksi Bidang Penyelenggara E-Government dan utusan Bappeda Anambas.

Rapat tersebut dipimpin oleh Vice Presidential Network dan Infrastructure Solution PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (Persero) Bastian Sembiring, GM Telkom Kepulauan Riau Munnawir.

(tribunbatam.id/Rahma Tika)

Penulis: Rahma Tika
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved