BATAM TERKINI

Dua Pria Diamankan, Bakamla RI Gagalkan Pengiriman 75 Ton Arang di Perairan Batam

Bakamla RI mengamankan dua pria, atas pengiriman tiga unit kontainer bermuatan arang bakau yang akan dikirim ke Singapura dan China.

Dua Pria Diamankan, Bakamla RI Gagalkan Pengiriman 75 Ton Arang di Perairan Batam
TRIBUNBATAM.ID/BERES LUMBANTOBING
Badan Kemanan Laut (Bakamla) RI mengagagalkan pengiriman 75 ton arang dapur di perairan perbatasan Batam-Singapura, Rabu (25/12/2019) lalu. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Terkuak, tiga unit kontainer bermuatan arang bakau yang akan dikirim ke Singapura dan China dilakukan oleh dua perusahaan asal Batam.

Dua perusahaan itu, berada di kawasan Galang, Batam.

Sekretaris Utama (Sestama) Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI, Laksamana Muda, S Irawan mengatakan, dua perusahaan itu diduga melakukan ekspor barang ilegal dengan cara memalsukan berkas dokumen.





"Jadi para pelaku ini memanipulasi atau memalsukan dokumen seperti jenis dan nama barang eksport," ujarnya, saat ekspose di Pelabuhan Batu Ampar, Jumat (27/12/2019).

Ia melanjutkan, saat ini dua tersangka sudah diamankan pihaknya.

Ini Identitas Pelaku Penyiraman Air Keras ke Novel Baswedan, Ternyata Berpangkat Brigadir

Pemko Batam Berikan Bantuan Sarana Perikanan dan Peralatan Olahraga, Ini Rinciannya



Akibat perbuatan itu, pihaknya akan menjerat pelaku dan pihak eksportir dengan peraturan perundangan Pasal 108 Undang-undang No. 7 tahun 2014 tentang Perdagangan (pemalsuan dokumen) serta Pasal 112 Undang-undang No. 7 tahun 2014 tentang Perdagangan (larangan ekspor).

Mirisnya, pihak eksportir selalu menggunakan tangan masyarakat dalam melakukan pembalakan hutan bakau di kawasan hutan lindung maupun kawasan hutan lainnya.

Sebelumnya diberitakan, Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI menggagalkan pengiriman 75 ton arang dapur di perairan perbatasan Batam-Singapura pada Rabu (25/12/2019) lalu.

Hal itu terungkap saat Bakamla RI menggelar ekspose tiga kontainer bermuatan arang dan diperkirakan seberat 75 ton di Pelabuhan Batu Ampar, Jumat (27/12/2019).

Diduga Bakal Diselundupkan ke Singapura

Halaman
12
Penulis: Beres Lumbantobing
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved