BATAM TERKINI

Antisipasi Virus Corona, KKP Batam Siagakan 2 Thermal Scanner di Pelabuhan Batam Centre

Di Pelabuhan Batam Centre disiapkan 2 buah thermal scanner. Sehari-hari sudah diaktifkan namun karena kasus ini tambah ditingkatkan intensitasnya

Antisipasi Virus Corona, KKP Batam Siagakan 2 Thermal Scanner di Pelabuhan Batam Centre
TRIBUNBATAM.id/BERES LUMBANTOBING
Mencegah masuknya peredaran virus Corona, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di Pelabuhan Internasional Sekupang, Batam meningkatkan pengawasan terhadap turis atau Warga Negara Asing (WNA) yang masuk ke Batam. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Menyusul merebaknya penyakit 2019 Novel Coronavirus (Ncov) di China yang sudah menyebar sampai ke Singapura, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Batam mulai meningkatkan kesiapsiagaan.

Kepala Bidang Pengendalian Karantina dan Surveilans Epidemiologi (PKSE) KKP Kelas I Batam Romer Simanungkalit menyampaikan ini pada Rabu, (22/1/2020) di Pelabuhan Batam Centre.

"Sejak munculnya penyakit Novel Coronavirus di China sejak awal Januari kemarin, dan yang paling dekat dengan kita itu di Singapura ada kasusnya sesuai data dari WHO. Kita mulai meningkatkan kesiapsiagaan," ungkap Romer.







Menurut Romer, di Indonesia khususnya di Batam sampai saat ini penyakit yang kemudian disebut dengan 2019 NCOV ini belum ada kasus yang terdeteksi.

"Meskipun begitu sesuai dengan standart dan regulasi, kesiapsiagaan di pintu masuk khusus untuk penyakit ini sudah kita mulai sejak mulai kasus merebak," tutur Romer.

Romer kemudian menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan peningkatan upaya pencegahan dengan menyiapkan semua peralatan pendukung dan tenaga yang dibutuhkan di semua pintu masuk negara.

"Salah satunya di Pelabuhan Batam Centre ini kita siapkan dua buah thermal scanner, yang sebenarnya sehari-hari sudah kita aktifkan namun karena kasus ini merebak maka kita tingkatkan intensitas penggunaannya," sambung Romer.

Dua Turis Dilaporkan Terserang Virus Corona Saat di Bintan, Kadinkes: Bukan Virus Corona Hanya Flu

WNA Lewati Thermal Detector di Pelabuhan Internasional Sekupang Batam, Antisipasi Virus Corona

Thermal Scanner merupakan alat pendeteksi panas tubuh manusia, digunakan untuk melihat penumpang yang memiliki suhu tubuh diatas rata-rata orang normal.

"Selain itu, kita juga menyiapkan alat pendukung lain untuk melindungi diri seperti masker dan sarung tangan," tambahnya.

Langkah antisipasi dari pihak KKP sendiri sudah didukung oleh peralatan yang kini dimiliki.

Halaman
1234
Penulis: Ardana Nasution
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved