DEMO HNSI DI ANAMBAS

HNSI Anambas Sampaikan Sikap, Tolak Nelayan Pantura Ambil Ikan di Perairan Anambas

Sekretaris HNSI Kepulauan Anambas, Dedi Syahputra tegas menolak nelayan pantura dengan alat tangkap cantrang datang ke perairan Anambas.

HNSI Anambas Sampaikan Sikap, Tolak Nelayan Pantura Ambil Ikan di Perairan Anambas
TRIBUNBATAM.id/RAHMA TIKA
HSNI Kepulauan Anambas menyampaikan aspirasi di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepulauan Anambas, Kamis (6/2/2020). 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Sekretaris Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kepulauan Anambas, Dedi Syahputra tegas menolak nelayan pantura dengan alat tangkap cantrang datang ke perairan Anambas.

Dalam aspirasinya, ia menyampaikan ke Pimpinan DPRD dan anggota DPRD Kepulauan Anambas terkait pengamatan perkembangan 2 tahun berjalannya rekomendasi Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kepulauan Anambas. Itu terkait nelayan dan rencana pemerintah memobilisasi kapal ikan Pantura dengan alat penangkapan ikan cantrang di laut Natuna Utara.

"Saya selaku perwakilan dari HNSI ingin menyampaikan apa yang diinginkan oleh nelayan kita di sini. Kami dengan keras menolak nelayan Pantura datang ke Anambas," kata Dedi dengan nada keras dan tegas, Kamis (6/2/2020).

Sebanyak 14 rekomendasi Pansus tentang nelayan Dedy sampaikan. Antara lain rekomendasinya yakni mempercepat realisasi usulan titik labuh kapal-kapal ikan di atas 30 GT dengan alat penangkapan ikan pursen siene (pukat mayang), mempercepat penyelesaian dan penertiban alat penangkapan ikan jaring lonceng, bom dan potasium, mempercepat realisasi usulan nelayan dan Pansus DPRD, mempercepat penyelesaian tentang tapal batas antara Kabupaten Kepulauan Anambas.





"Kami juga meminta DPRD Anambas untuk mendesak Pemerintah Daerah untuk melaksanakan 21 program prioritas perikanan yang tertuang di rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD)," ujar Dedi.

Di depan seluruh para Pimpinan DPRD dan anggota DPRD Anambas yang disaksikan oleh para nelayan yang hadir, Dedi dengan sikap tegas menyatakan menolak nelayan Pantura untuk mengambil ikan di perairan Anambas.

BESOK, HNSI dan Nelayan Anambas Datangi Gedung DPRD, Tolak Nelayan Pantura Melaut di Natuna

Soal Tudingan HNSI Anambas, Pansus DPRD Bereaksi! Begini Penjelasan Ketua Pansus Nelayan!

"Saya minta kepada Ketua DPRD, untuk bisa mendengar aspirasi kami ini, selama ini siapa yang menghasilkan ikan yang banyak, bukan nelayan kita, melainkan nelayan yang menggunakan alat tangkap
pukat mayang," ungkapnya.

HNSI Anambas Datangi Gedung DPRD Anambas

Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kepulauan Anambas menyampaikan aspirasi di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepulauan Anambas, Kamis (6/2/2020).

Berdasarkan pantauan TRIBUNBATAM.id di halaman kantor DPRD, jalan Imam Bonjol, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan, sekitar ratusan aparat Kepolisian Polres Anambas tampak sedang siaga di halaman kantor DPRD Kepulauan Anambas.

Sementara itu, di dalam ruangan lantai I ruang paripurna DPRD Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Dedi Syahputra selaku perwakilan nelayan di Anambas sedang menyampaikan aspirasinya kepada para anggota DPRD.

Adapun yang hadir pada aspirasi tersebut yakni, Ketua DPRD Anambas Hasnidar, Wakil Ketua I Syamsil Umri dan beberapa anggota DPRD Anambas.

Puluhan nelayan yang tergabung dalam HNSI Kepulauan Anambas juga telah hadir mendengar penyampaian aspirasi dan tanggapan dari DPRD Kepulauan Anambas. (Tribunbatam.id/Rahma Tika)

Penulis: Rahma Tika
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved