BATAM TERKINI

Pemerintah Pusat Beri Insentif Rp 298 Miliar, Kadispar Kepri: Jika Hotel Tidak Tutup Tidak Ada PHK

Pemerintah pusat berencana akan mensubsidi daerah penyumbang wisman senilai Rp 298 miliar. Kebijakan ini diharapkan bisa mencegah PHK karyawan.

Pemerintah Pusat Beri Insentif Rp 298 Miliar, Kadispar Kepri: Jika Hotel Tidak Tutup Tidak Ada PHK
TRIBUNBATAM.id/Roma
Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar 

Pemerintah Pusat Beri Insentif Rp 298 Miliar, Kadispar Kepri: Jika Hotel Tidak Tutup Tidak Ada PHK

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah pusat berencana akan mensubsidi daerah penyumbang wisman, melalui insentif, senilai Rp 298 miliar.

Dana itu disiapkan untuk diskon transportasi dan lainnya.

Keputusan diambil, bersamaan dengan pembebasan pajak hotel dan restoran, untuk 33 daerah, dengan total subsidi Rp 3,3 triliun, di 10 destinasi wisata prioritas.

Namun dari Kepri, yang akan menerima subsidi, Batam dan Bintan.

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Buralimar mengatakan sangat mendukung kebijakan pemerintah pusat itu.

Ia mengharapkan insentif itu nantinya agar objek pariwisata bisa bergairah lagi. Sehingga hotel tidak tutup tidak ada PHK dan lain sebagainya.

Mulai Maret, Pajak Hotel dan Restoran Bakal Dibebaskan Sementara, Ini Kata Anggota DPRD Batam

"Saya berharap kebijakan pemerintah pusat itu, akan mengurangi potensi hotel dan restoran tutup. Ini terkait tenaga kerja juga. Sehingga tidak terjadi PHK," ujar Buralimar saat dihubungi, Rabu (26/2/2020).

Ia mengatakan kebijakan yang diumumkan Kementerian Pariwisata, akan berlaku selama enam dan dimulai sejak Maret 2020 ini. Menurutnya kebijakan yang diambil pusat, untuk membangkitkan iklim pariwisata yang terpukul akibat virus corona.

"Pengaruh ke PAD Batam dan Bintan, sangat besar. Sektor pariwisata untuk PAD Bintan lebih 50 persen. Untuk Batam, kalau tidak salah, 20 sampai 30 persen dari sektor pariwisata," kata Buralimar.

Halaman
123
Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved