VIRUS CORONA

TNI AL Bantu Proses Evakuasi ABK MV World Dream di Laut Kepri, Ini Prosedur Selanjutnya

Yayan, proses evakuasi WNI dari MV World Dream menuju KRI dr Soeharso menggunakan MV World Dream berjalan lancar dengan didukung cuaca bagus

TNI AL Bantu Proses Evakuasi ABK MV World Dream di Laut Kepri, Ini Prosedur Selanjutnya
TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA
Sebanyak 188 orang Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Kapal MV World Dream pada Rabu (26/2/2020) dievakuasi ke KRI dr Soeharso-990 milik angkatan laut di perairan Selat Durian, Kepulauan Riau (Kepri). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Sebanyak 188 orang Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Kapal MV World Dream pada Rabu (26/2/2020) dievakuasi ke KRI dr Soeharso-990 milik angkatan laut di perairan Selat Durian, Kepulauan Riau (Kepri).

Komandan Guskamla Kawasan Barat Koar I, Laksamana Pertama Yayan Sofyan mengatakan proses evakuasi dilakukan sekitar pukul 10:00 WIB. Dari 188 orang tersebut terdiri dari 172 laki-laki dan 16 perempuan.

"Dari 188 WNI yang dievakuasi ini, tidak ada WNI yang terjangkit atau suspect virus corona," ujarnya.

Menurut Yayan, proses evakuasi WNI dari MV World Dream menuju KRI dr Soeharso menggunakan MV World Dream berjalan lancar dengan didukung cuaca yang sangat bagus saat proses pemindahan.








Lanjut Komandan Guskamla Kawasan Barat Koar I itu, saat para WNI sampai di KRI dr Soeharso, dilakukan proses yang sesuai penanganan WHO. Para WNI dilakukan pemeriksaan sesuai SOP yang berlaku.

Dinkes Karimun Pantau 6 Orang Terkait Virus Corona, Semuanya Usai Berkunjung dari Luar Negeri

"Setelah serangkaian pemeriksaan selesai, KRI dr Soeharso langsung bergerak menuju Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, dan diperkirakan akan tiba pada Jumat (28/2/2020) mendatang," ujarnya.

Ia melanjutkan, proses evakuasi dilakukan bersama dengan bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Batam, Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Jakarta dan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Jakarta.

Pulau Sebaru Dipilih Jadi Lokasi Observasi

Pemerintah memilih Pulau Sebaru sebagai lokasi observasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berstatus awak kapal pesiar World Dream.

Pulau ini terletak di gugus Kepulauan Seribu, Jakarta. Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, rencana evakuasi WNI berstatus sebagai anak buah kapal (ABK) kapal pesiar World Dream dilakukan menyusul dihentikannya pengoperasian kapal tersebut akibat wabah virus Corona.

Halaman
1234
Penulis: Alamudin Hamapu
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved