Breaking News:

VIRUS CORONA DI BATAM

Butuh Perhatian Serius, Kunjungan Wisatawan di Batam Jeblok Hingga 54 Persen Selama Pandemi Covid-19

Beberapa upaya yang telah dilakukan oleh Pemko Batam di antaranya dengan memetakan sebaran penyakit, pemberian sembako, serta rasionalisasi anggaran.

Penulis: Hening Sekar Utami | Editor: Septyan Mulia Rohman
TRIBUNBATAM.id/ARGIANTO DA NUGRAHA
Ilustrasi Pariwisata di Kota Batam - Kawasan Wisata Welcome to Batam. Kunjungan wisatawan ke Kota Batam menurun hingga 54 persen selama pandemi Covid-19. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Kunjungan wisatawan ke Kota Batam, Provinsi Kepri anjlok sejak pandemi Covid-19.

Data dari Indonesia Marketing Association (IMA) menyebut, penurunan kunjungan wisatawan bahkan turun antara 50 hingga 54 persen terhitung sejak Februari sampai Maret 2020.

"Jumlah kunjungan wisatawan terhitung hanya 43 ribu dibandingkan biasanya yang mencapai angka 90 ribu," ungkap Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Kota Batam, Febrialin dalam acara talkshow Pariwisata yang diselenggarakan oleh Indonesia Marketing Association (IMA), Sabtu (17/5) kemarin.

Menghadapi hal ini, Kepala Dinas Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata, menambahkan, di tengah situasi pandemi kali ini, hal terpenting adalah membendung penyebaran Covid-19, khususnya dari sisi kesehatan.

Beberapa upaya yang telah dilakukan oleh Pemko Batam di antaranya dengan memetakan sebaran penyakit, pemberian sembako, serta rasionalisasi dan alokasi anggaran.

Pihaknya juga mendukung dan menjalankan fokus upaya-upaya pencegahan Covid-19 agar dunia pariwisata dapat berjalan seperti sedia kala.

Oleh karena merebaknya wabah Covid-19 ini, beberapa pembangunan pariwisata mengalami kemacetan. Salah satunya dengan adalah pengembangan wisata religi Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah serta revitalisasi Museum Raja Ali Haji Batam.

"Dataran Engku Hamidah juga mulai diindahkan, tapi kami tahan dulu penyempurnaannya dicapai step by step saja," ujarnya.

Selain itu, saat ini yang terpenting adalah bagaimana menuntaskan Covid-19, serta meningkatkan kepercayaan wisatawan domestik maupun mancanegara bahwa Batam masih aman terkendali dan terbuka untuk kegiatan Pariwisata.

10 Ribu Pekerja Terkena Dampaknya

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved