Breaking News:

HIKMAH RAMADHAN

Ramadhan Otokritik Kehidupan

Dengan mengadakan otokritik ini, khususnya di bulan yang penuh maghfirah ini diharapkan dapat menciptakan suasana kondusif yang tentram dan aman.

ISTIMEWA
Effendy Asmawi Alhajj 

”Ujian besar bagi keberanian seseorang di bumi ini ialah orang yang selalu mengadakan otokritik dalam kehidupannya”…(al-Hukama). 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Dalam suasana Ramadhan seperti ini ditambah masih suasana krisis berbagai bidang dan kita masih berbenah diri ingin menjadikan Batam mini sebagai Bandar Dunia Madani,

Berbagai usaha kita tempuh, tapi masih juga terdapat cabaran-cabaran yang cukup amat menggugah hati. 

Melihat keadaan seperti ini, selayaknya kita sebagai pribadi-pribadi anak wathan ini bertafakur sejenak mengadakan otokritik, yakni suatu koreksi pribadi terhadap langkah dan aktivitas yang sudah kita kerjakan serta pola pikir dan wawasan yang akan kita lakukan untuk masa mendatang. 

Dengan mengadakan otokritik ini, khususnya di bulan yang penuh maghfirah ini diharapkan dapat menciptakan suasana kondusif yang tentram dan aman dalam menyikapi berbagai hal yang berkembang di masyarakat. 

Ada dua bentuk otokritik yang dipaparkan dalam al-Qur’anul karim: 

Pertama

Pola otokritik yang disampaikan oleh iblis, tatkala iblis diusir oleh Allah dari syurga, lantaran kesombongannya tidak mau sujud kepada Adam, iblis lalu mengomel dan sakit hati terhadap Adam dan keturunannya. 

Sehingga berbagai hal dan cara dilakukan iblis untuk mengeruhkan suasana di seluruh aspek dan dimensi kehidupan, baik secara sembunyi-sembunyi, terang-terangan maupun terorganisir serta kalau perlu menghalalkan segala cara (QS. 7: 16-18). 

Otokritik seperti ini memang sangat ampuh untuk mengadu domba dalam kehidupan perorangan maupun masyarakat, lebih-lebih lagi mendekatnya suasana pemilihan wakil-wakil rakyat yang katanya dipilih langsung? Tanpa iming-iming? 

Halaman
1234
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved