Breaking News:

NEWS WEBILOG TRIBUN BATAM

Banyak Pedagang Pasar Tos 3000 Tak Pakai Masker, Ini Tanggapan Kadinkes Batam: Tak Bisa Kasih Sanksi

Didi bilang, untuk penegasan imbauan menggunakan masker, pihaknya sedikit sulit memberikan sanksi atau denda kepada masyarakat yang melanggar.

TribunBatam.id/Bereslumbantobing
Kadinkes Batam, Didi Kusmarjadi. Ia memberikan tanggapannya soal masih banyak pedagang pasar tak pakai masker di saat pandemi Covid-19 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Sebagian pedagang Pasar Tos 3000 Batam masih terkesan cuek menerapkan protokol kesehatan. Padahal Pasar Tos 3000 sudah menjadi klaster baru penyebaran Covid-19 di Batam.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan, saat tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 melakukan sosialisasi di pasar tersebut, para pedagang terkesan tidak mengindahkan imbauan yang disampaikan pihaknya.

"Mayoritas pedagang cuek dan tidak mengenakan masker," ujarnya, saat News Webilog dengan Tribunbatam.id mengangkat tema 'Pasar Tos 3000 #Ditata atau Di-Covid?', Sabtu (27/6/2020).

Didi mengatakan, untuk penegasan imbauan menggunakan masker, pihaknya sedikit sulit memberikan sanksi atau denda kepada masyarakat yang melanggar.

"Kita dari gugus tugas selama belum ada aturan atau regulasi seperti perda, hanya sebatas memberikan imbauan saja," ujarnya.

Didi mengatakan, walaupun sudah sering memberikan imbauan penerapan protokol kesehatan, tetapi jika pedagang dan masyarakat itu sendiri yang tidak memiliki kesadaran, maka hal tersebut akan sulit dilaksanakan.

"Yang terpenting ialah kepatuhan terhadap anjuran Pemerintah. Kita melihat pedagang di beberapa daerah ketika ada anjuran dari pemerintah, mereka mengikuti dan memakai hal tersebut," ujarnya.

Dalam diskusi daring yang diadakan Tribunbatam.id itu, Didi juga menyampaikan aturan terbaru dari WHO.

Meski begitu, ia menegaskan bahwa aturan tersebut belum diterapkan di Indonesia.

Didi juga menyampaikan bahwa penyebaran Covid-19 di Batam sudah mulai mereda.

Halaman
1234
Penulis: Alamudin Hamapu
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved