Breaking News:

Kisah Polisi Sugianto, 34 Tahun Mengabdi, Pernah Bantu Turis Asing ke Pelabuhan Batam Center

Polisi lulusan Bintara tahun 1986 dengan pangkat Brigadir ini memulai tugas di Provinsi Riau kala itu Kepri masih kabupaten.

Editor: Dewi Haryati
TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA
AKP Sugianto, Wakapolsek Sekupang. Sugianto pernah punya andil dalam kehidupan warga suku laut di Nongsa, Batam . Selain itu membantu turis asing yang kebingungan saat berada di Batam. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Hari Bhayangkara ke-74 tahun baru diperingati beberapa hari lalu, tepatnya 1 Juli lalu.

Di balik peringatan Hari Bhayangkara ini, cukup banyak polisi yang berdedikasi dan memberikan inspirasi bagi masyarakat lainnya.

Sebut saja seperti AKP Sugianto. Kini ia menjabat sebagai Wakapolsek Sekupang Batam.

Banyak kisah dan cerita yang dilaluinya saat bertugas jadi polisi. Termasuk tahun lalu, dia mengantarkan turis asing yang tak tahu jalan ke Pelabuhan Batam Center, untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada turis tersebut. 

Kurun waktu 34 tahun lamanya meniti karir di kepolisian bukanlah waktu yang singkat bagi Sugianto hingga ia akan memasuki masa pensiun sebagai Bhayangkara. Lebih dari separuh umurnya diabdikan kepada negara dengan menjadi polisi.

Polisi lulusan Bintara tahun 1986 dengan pangkat Brigadir ini memulai tugas di Provinsi Riau kala itu Kepri masih kabupaten.

Sederet cerita suka dan duka dilaluinya dalam penugasan sebagai seorang Bhayangkara abdi negara.

Beberapa daerah di Kepri terkhusus di wilayah hukum Polresta Barelang pernah dirasakan Sugi dalam bertugas.

"Selama di Kepolisian, sukanya banyak, dukanya juga banyak. Pokoknya tenaga dan pikiran dicurahkan agar bagaimana melayani masyarakat," ujar Sugianto.

Sembari duduk di kantin Polsek Sekupang, Rabu (1/07/2020) siang, Sugianto menceritakan pengalamannya saat bertugas.

"Banyak sangat, sebagian saya hampir tidak ingat lagi cerita-cerita itu, tapi saya ucapkan saja apa yang saya ingat paling berkesan ya," lontar Sugi sembari mengusap keningnya.

Bahkan pandangan mata Sugi menatap ke atas, dan dengan santai di atas kursi panjang cerita Sugi berlanjut mengenang ingatannya ke masa lalu.

"Jadi, pada tahun 2000 saya penempatan tugas di Pos Polisi Polsek Kabil, kala itu Nongsa masih disebut Kabil dan Batam masih menyatu dengan Provinsi Riau.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved