Breaking News:

Ada Libur Panjang Akhir Oktober, Mendagri Terbitkan SE Imbau Tak Lakukan Perjalanan di Masa Pandemi

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengeluarkan Surat Edaran (SE), berisi antisipasi penyebaran Covid-19

Istimewa
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian 

TRIBUNBATAM.ID - Pemerintah telah menetapkan tanggal 28 dan 30 Oktober 2020 adalah cuti bersama dan tanggal 29 Oktober libur bersama dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW.

Libur dan cuti bersama yang ditetapkan tersebut, oleh sebagian pihak dianggap akan berpotensi membuat banyak masyarakat pulang kampung dan memicu penularan Covid-19.

Baca juga: Maskapai Diminta Tambah Frekuensi Penerbangan Jelang Libur Panjang

Baca juga: Deretan Fakta Dul Jaelani dan Tissa Biani Berpacaran, Kata Cinta saat Liburan di Curug

Menyikapi hal itu Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengeluarkan Surat Edaran (SE), berisi antisipasi penyebaran Covid-19.

Ilustrasi libur dan cuti bersama
Ilustrasi libur dan cuti bersama (Istimewa)

Surat Edaran (SE) itu bernomor 440/5876/SJ tentang Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada Libur dan Cuti Bersama Tahun 2020.

"Sehubungan dengan hal tersebut, agar Gubernur, Bupati/Wali Kota untuk mengambil sejumlah langkah," ujar Tito sebagaimana dikutip dari lembaran SE yang diterima Kompas.com, Kamis (22/10/2020).

Baca juga: 8 Tips Berlibur ke Anambas yang Wajib Diketahui Para Traveller

Baca juga: Tarif Mulai Rp 650 Ribu, Intip Daftar 5 Villa di Batam yang Cocok untuk Liburan Rombongan

Dalam SE yang ditandatangani pada 21 Oktober 2020 itu, ada 11 poin yang ditekankan oleh Mendagri.

Pertama, mengimbau masyarakat selama melaksanakan libur dan cuti bersama agar sedapat mungkin menghindari melakukan perjalanan dan tetap berkumpul bersama keluarga.

Baca juga: Ramalan Zodiak Hari Rabu 14 Oktober 2020, Capricorn Liburan, Scorpio Marah, Leo Utamakan Kesehatan

Serta melakukan kegiatan di lingkungan masing-masing sambil menyiapkan diri dan lingkungan dalam menghadapi potensi bencana Hidrometeorologi, seperti banjir dan longsor sesuai dengan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Kedua, dalam pelaksanaan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW masyarakat diimbau agar dilaksanakan di lingkungan masing-masing dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan utamanya menggunakan masker, cuci tangan, dan jaga jarak serta tidak berkerumun untuk menghindari penularan Covid-19.

Menko PMK Muhadjir Effendy saat memimpin Rapat Tingkat Menteri Penetapan dan Penandatanganan SKB Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2021 secara virtual, Kamis (10/9/2020)
Menko PMK Muhadjir Effendy saat memimpin Rapat Tingkat Menteri Penetapan dan Penandatanganan SKB Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2021 secara virtual, Kamis (10/9/2020) (Dok. Humas Kemenko PMK)

Ketiga, jika pelaksanaan liburan dan cuti bersama dilakukan dengan perjalanan keluar daerah agar dilakukan test PCR atau Rapid Test atau menyesuaikan dengan aturan moda transportasi yang berlaku.

Hal ini untuk memastikan pelaku perjalanan bebas Covid-19 demi melindungi orang Iain termasuk keluarga di perjalanan ataupun orang di tempat yang dikunjungi.

Baca juga: Syahrini dan Reino Barack Liburan ke Borobudur, Intip Foto Sang Penyanyi Bangun Tidur Tanpa Riasan

Baca juga: Kerabat Jokowi Tewas Dalam Mobil yang Dibakar, Ternyata Menjadi Liburan Terakhirnya ke Semarang

"Bagi yang dinyatakan positif agar tidak melaksanakan perjalanan dan melakukan karantina mandiri atau yang disiapkan pemerintah untuk mencegah penularan," ungkap Tito.

Keempat, setelah kembali dari perjalanan luar daerah disarankan kembali melakukan test PCR atau rapid test untuk memastikan bahwa pelaku perjalanan tetap dalam keadaan negatif Covid-19.

Jika positif agar segera melaksanakan isolasi mandiri atau karantina di fasilitas yang telah disiapkan pemerintah.

Baca juga: Ramalan Zodiak Asmara Sabtu 19 September 2020, Capricorn Liburan Bareng, Aquarius Bertengkar

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved